Kamis, 7 Juli 2022

Citraland Superfest 2019, Tampilkan Seni Budaya 14 Negara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara penampil dalam gelaran seni budaya di G-Walk, Citraland. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Sekurangnya 14 negara dijadwalkan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya yang dikemas secara tradisional maupun modern dalam Citraland Superfest 2019, mulai Sabtu (20/7/2019) di sepanjang kawasan G-Walk, Citraland Surabaya.

Ke 14 negara yang memastikan tampil, yaitu: Jepang, India, Polandia, Ceko, Timor Leste, Afrika Selatan, Bulgaria, Kolombia, Uzbekistan, Rusia, Mexico, Thailand, dan Italia, Busan – Korea, Jiangmen – China, dan Guangzhou – China.

Masing-masing kelompok seni budaya dari ke 14 negara tersebut dijadwalkan menampilkan kesenian tradisional masing-masing. Surabaya sebagai tuan rumah menjadwalkan menampilkan Tari Grasak Magelang, Jaranan Reog Kendang serta tak ketinggalan Reog Ponorogo.

Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama dengan International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts (Cioff), menjadi sebuah festival lintas budaya yang menghadirkan beragam seni budaya.

Heri Prasetyo Programer Citraland Superfest 2019, menyampaikan bahwa seni budaya yang bakal tampil di pentas G-Walk, Citraland merupakan seni dan budaya adi luhung masing-masing negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

“Bentuk kesenian yang ditampilkan tentu saja adalah seni tradisional dan modern, yang masing-masing penampil bakal menampilkan ciri khas atau seni budaya unik yang diharapkan juga menjadi pengetahuan baru bagi penontonnya,” terang Heri Prasetyo, Jumat (19/7/2019).

Pada Sabtu (20/7/2019) dijadwalkan tampil, sesuai dengan rancangan acara yang diterima suarasurabaya.net Jumat (19/7/2019), selain penampilan kesenian beberapa negara, juga diantaranya seremonial pembukaan oleh perwakilan dari masing-masing negara peserta Citraland Superfest 2019.(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
28o
Kurs