Selasa, 5 Juli 2022

Dibeli dari Peternak Gresik, Berat Sapi Kurban Jokowi di Surabaya 1 Ton Lebih

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Sapi milik Joko Widodo Presiden jenis Peranakan Ongole (PO) dari perternak Gresik dan sapi milik Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur yang dibeli dari peternak asal Solokuro, Kabupaten Lamongan. Kedua sapi yang akan dikurbankan tersebut telah sampai di Masjid Al-Akbar Surabaya, Sabtu (10/8/2019). Foto: Istimewa

Joko Widodo Presiden berkurban sapi jenis Peranakan Ongole (PO) dari perternak Gresik untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H di Masjid Al Akbar Surabaya. Sapi yang berasal dari Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik ini ditaksir mencapai berat 1.080 kg atau 1 ton lebih.

Sapi milik orang nomor satu di Indonesia ini datang lebih awal dari perkiraan. Sapi peranakan ongole ini datang di masjid Al Akbar pada Jumat (9/8/2019) sore. Sebelumnya, Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya memperkirakan sapi baru akan datang satu hari sebelum Idul Adha atau pada Sabtu (10/8/2019).

“Alhamdulillah sapi Presiden Jokowi sudah tiba di Masjid Al Akbar Surabaya. Sapinya cukup besar mencapai 1.080 kg, sehat dan bersih,” kata Helmy.

Sapi umur empat tahun milik Jokowi itu tak sendirian. Pada hari yang sama, sapi milik Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur juga tiba di masjid Al Akbar Surabaya. Sapi Khofifah dibeli dari peternak asal Solokuro, Kabupaten Lamongan. Tak berbeda jauh, sapi jenis Peranakan Ongole (PO) ini memiliki berat 1 ton.

Helmy mengatakan, semua hewan kurban yang ada di masjid Al Akbar Surabaya akan disembelih pada Senin (12/8/2019) pukul 06.00 WIB. Pemotongan dan pengemasan daging hewan kurban di masjid ini menerapkan prinsip syari, higienis, dan ramah lingkungan. Untuk pembagiannya, masjid Al Akbar tidak menyediakan kupon dan langsung dibagikan ke rumah warga di wilayah pagesangan dan gayungan.

“Distribusi daging kurban langsung ke sasaran melibatkan RT-RW di wilayah kelurahan Pagesangan dan Kelurahan Gayungan. Tidak ada pembagian daging di Masjid Al Akbar,” pungkasnya. (bas/tin/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
26o
Kurs