Selasa, 23 April 2024

Dubes Inggris Rayakan Ultah Ratu Elizabeth II di Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Moazzam Malik Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Timor Leste, dan Asean saat memberikan kue kepada dari Emil Elistianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur di perayaan ulang tahun Elizabeth II Ratu Inggris ke-93 di Hotel Shangrila, Surabaya pada Kamis (13/6/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Moazzam Malik Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Timor Leste, dan Asean merayakan ulang tahun Elizabeth II Ratu Inggris ke-93 di Hotel Shangrila, Surabaya pada Kamis (13/6/2019).

Tak hanya merayakan ulang tahun Ratu Inggris terlama yang telah mengangkat 14 perdana menteri itu, perayaan ini menjadi salah satu momen penting dalam perayaan 70 tahun persahabatan Indonesia-Inggris.

Selain itu, bagi Moazzam sendiri, perayaan ini juga akan menjadi momen terakhirnya di Surabaya, karena pada tanggal 19 Juni mendatang, ia akan kembali ke London, Inggris setelah bertugas hampir 5 tahun sejak 2014 sebagai Duta Besar di Indonesia.

“Saya akan mudik, pulang ke kampung halaman saya di London. Meskipun sedih, namun saya sangat bangga telah menjadi Duta Besar di negara yang sangat ramah ini,” ujar Moazzam di hadapan para undangan pada Kamis (13/6/2019) malam.

Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Inggris telah menciptakan hubungan diplomatik yang dilandasi semangat positif, seiring kemajuan Indonesia di panggung dunia. Ia menyebut, ada banyak hal yang menjadikan kedua negara ini bisa memiliki persahabatan selama ini.

“Yang pertama pariwisata. Jumlah warga Inggris yang mengunjungi Indonesia lebih banyak dari negara lain di Eropa. Pada tahun 2018, ada 391.820 warga Inggris yang mengunjungi Indonesia,” ujarnya.

“Kedua budaya. Baik Inggris maupun Indonesia adalah masyarakat yang beragam, multi agama, dan toleran,” lanjutnya.

Selain itu, ada puka kesamaan maritim dimana Indonesia dan Inggris sama-sama negara kepulauan. Olahraga terutama sepakbola Inggris yang terkenal di Indonesia, serta hal-hal lain seperti musik, budaya, dan makanan.

Tak hanya itu, khusus Jawa Timur sendiri, ia yakin melalui kepemimpinan Khofifah-Emil Dardak, hubungan Inggris dan Jatim akan makin baik. Di sisi Lain, Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim menyampaikan rasa bahagiaya karena memilih Jawa Timur sebagai tempat terakhir yang dikunjungi sebelum purna tugas sebagai Duta Besar.

“Kami percaya, memori tentang Jatim dan Indonesia terus ada dihati bapak. Untuk terus menjadi perantara persahabatan antara Indonesia dan Inggris kedepan,” kata Emil.

Dalam perayaan ini berbagai tokoh hadir, mulai dari Pejabat pemerintah, pengusaha, hingga perwakilan negara-negara sahabat. Dalam acara ini juga, dihadirkan langsung patung band kebanggaan Inggris, Beatless, dari Museum Angkut, Batu.

Berbagai lagu ciptaan musisi Inggris seperti Queen dan Beatless juga berkumandang dalam perayaan ulang tahun ke-93 Ratu Inggris. (bas/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs