Rabu, 17 April 2024

Dumbo, Si Bayi Gajah Keluarga Baru Satwa KBS

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bersama Dumbo spesies Gajah Sumatra yang baru saja lahir di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Kebun Binatang Surabaya (KBS) memiliki keluarga baru. Kali ini datang dari spesies Gajah Sumatra yang baru saja lahir di kebun binatang yang berada di tengah kota Surabaya itu. Dumbo namanya. Nama ini diberikan langsung oleh Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya yang datang langsung menyaksikan bayi gajah itu bersama Gwen Syareefa Benardi cucunya.

Bayi gajah yang lahir normal dengan berat 122 kg dan tinggi 88 cm ini adalah hasil perkawinan dari Lembang induk betina yang berusia 47 tahun dan Doa induk jantan yang berusia 52 tahun. Risma mengatakan, nama Dumbo diambil dari kisah sebuah legenda.

“Dumbo itu ada cerita, legenda, gajah kecil tapi, ada cerita kalau nggak salah ditinggal mati bapak ibunya, tapi dia pinter nempatkan diri. Dia ini disukai sekelilingnya menjadi semacam tokoh atau raja di lingkungannya,” ujar Risma saat di KBS pada Selasa (30/7/2019).

Risma juga mengatakan, Dumbo adalah salah satu satwa dilindungi di Kebun Binatang ini. Ia mengatakan, Pemkot Surabaya tengah berupaya meningkatkan kualitas dan mutu kehidupan satwa di sana.

“Keadaannya (KBS, red) lebih baik. Saya kira warga Surabaya bisa melihat gajah yang dilahirkan di tengah kota, yang kotanya cukup padat penduduk, seekor gajah bisa lahir di kota kita,” pungkasnya. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs