Sabtu, 27 April 2024

Gubernur Jatim Surati Bupati dan Walikota Untuk Tanggap Darurat Kekeringan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara

Gubernur Jawa Timur sudah melayangkan surat ke Bupati dan Walikota di Jawa Timur untuk tanggap darurat. Ini disampaikan Subhan Wahyudiono Kepala BPBD Provinsi Jatim menanggapi terjadinya kekeringan yang terjadi di Jawa Timur.

Selain itu, kata Subhan, pemerintah juga sudah memetakan daerah yang dilanda kekeringan ada 28 dan 25 diantaranya kering kritis.

Sampai saat ini, kata Subhan, kabupaten Magetan, Tulungagung, Probolinggo, Trenggalek, Sampang dan Mojokerto sudah melaksanakan untuk darurat kekeringan.

“Untuk jangka menengah kita bikin sumur bor. Ada 199 desa yang tidak berpotensi mendapat air karena kalau di bor lagi nggak ada airnya. Sedangkan kalau diambil jaraknya juga jauh lebih 10 meter,” kata Subhan pada Radio Suara Surabaya.

Kata Subhan, Pemprov Jawa Timur juga sudah melakukan droping air yang diambil dari PDAM setempat ke daerah Pacitan, Ponorogo dan Banyuwangi.

“Selain itu, masyarakat harus hemat air dan bikin biopori. Kalau kita jaga alam, kita akan dijaga alam,” pungkasnya. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs