Selasa, 30 April 2024

Halocline, Penyebab Air Selat Madura Terbagi Jadi Dua Warna

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tangkapan layar video pendek yang menggambarkan adanya perbedaan warna air di Selat Madura yang terletak di Jembatan Suramadu, pada Rabu (20/3/2019) pagi. Foto: Sutikno via e100

Sutikno, netter e100 mengirimkan video pendek dari Jembatan Suramadu yang menggambarkan adanya perbedaan warna air di Selat Madura pada Rabu (20/3/2019) pagi. Di satu sisi, airnya berwarna lebih gelap, dan di sisi lainnya lebih terang. Keduanya berdampingan dipisahkan buih ombak.

Faisal Yasir Arifin Humas Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) mengatakan, fenomena tersebut adalah Halocline.

Fenomena ini terjadi karena pertemuan dua jenis massa air dari sisi timur dan barat Pulau Madura yang densitasnya berbeda–suhu, kadar garam, dan kerapatan airnya–, sehingga tidak bisa menyatu.

“Itu fenomena biasa. Terjadi sejak hari Selasa kemarin. Seperti di Selat Gibraltar terjadi pertemuan air dari Laut Atlantik dan air dari Mediterania. Lama terjadinya bisa berhari-hari, bisa semalam saja. Tidak pasti. Tergantung arus lautnya,” ujarnya.

Sama dengan keterangan BPWS, Eko Prasetyo Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim BMKG mengatakan, fenomena itu terjadi karena perbedaan densitas air laut yang ekstrem antara air laut di dekat garis pantai dengan air laut di daerah yang lebih dalam.

Arif Wiyono, prakirawan BMKG Maritim mengatakan, di lokasi terjadinya fenomena itu, di Jembatan Suramadu sisi Surabaya, memang ada muara sungai yang mengarah langsung ke laut.

“Saat air laut surut, air dari muara sungai dipompa menuju ke laut. Pertemuan arus keduanya membentuk buih-buih batas,” kata Arif.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs