Rabu, 1 Mei 2024

Jokowi Presiden Sampaikan Duka Cita atas Meninggalnya Ratusan Petugas KPPS Pemilu 2019

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo calon presiden petahana. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden menyampaikan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya ratusan orang Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), sesudah menjalankan tugasnya, pada Pemilu 2019.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi, pada acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019, serta peluncuran Visi Indonesia 2045, siang hari ini, Kamis (9/5/2019), di Hotel Shangri La Jakarta.

Selain itu, Presiden juga berterima kasih kepada seluruh kepala daerah yang berperan menjaga kelancaran proses pemungutan suara pemilu, 17 April 2019 lalu.

“Alhamdulillah pemilu berjalan lancar. Terima kasih kepada seluruh kepala daerah atas dukungannya. Atas nama bangsa dan negara serta seluruh rakyat Indonesia, saya juga menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya para Petugas KPPS. Semoga mereka diberikan tempat paling mulia di sisi Allah SWT,” ucap Presiden.

Sebelumnya, Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan sudah mengirim surat kepada Pimpinan KPU, terkait permintaan santunan untuk Petugas KPPS yang meninggal dunia dan sakit, selama dan sesudah menyelenggarakan Pemilu.

KPU juga sudah menentukan besaran santunan untuk Petugas KPPS, yang terbagi menjadi empat kategori, yaitu meninggal dunia, cacat permanen, luka berat dan luka sedang/ringan.

Arif Rahman Hakim Sekretaris Jenderal KPU mengatakan, santunan untuk Petugas KPPS yang meninggal dunia Rp36 juta per orang, cacat permanen Rp30,8 juta per orang, luka berat Rp16,5 juta per orang, dan luka sedang Rp8,25 juta per orang.

Berdasarkan data KPU sampai hari Selasa (7/5/2019), jumlah petugas penyelenggara pemilu yang meninggal dunia mencapai 456 orang, dan 3.658 lainnya sakit. (rid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
28o
Kurs