Kamis, 25 April 2024

Kemristekdikti Melakukan Moratorium Prodi Ilmu Keperawatan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi

Mohamad Nasir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mengatakan pihaknya sedang melakukan moratorium pembukaan program studi ilmu keperawatan dan ilmu pendidikan.

Menurut Nasir dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (2/8/2019), pihaknya mengizinkan pembukaan prodi ilmu keperawatan hanya di daerah-daerah tertentu saja dengan alasan jumlah perguruan tinggi yang membuka prodi tersebut sudah banyak.

“Kedua bidang pendidikan guru. Sudah banyak. Moratorium katakan bimbingan konseling, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa atau bahasa daerah, antropologi,” kata dia.

Moratorium itu dilakukan karena membludaknya jumlah program studi di bidang itu sehingga perlu penyederhanaan prodi, tambahnya lagi.

Selain itu, Nasir mengemukakan sebanyak 76 perguruan tinggi swasta ditutup atau dicabut izinnya pada 2019. Sementara, total 130 perguruan tinggi swasta ditutup pada periode 2015-2019.

Penutupan program studi atau perguruan tinggi dikarenakan sejumlah faktor di antaranya jumlah mahasiswa yang tidak ada sehingga dikhawatirkan akan terjadi jual beli ijazah, masalah kelembagaan dan permintaan perguruan tinggi untuk ditutup.

“Perguruan tinggi yang tidak melakukan proses pembelajaran yang baik segera kita tutup,” ujar Nasir seperti dilansir Antara.

Hingga saat ini, ada 4.700 perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian, ada 95 perguruan tinggi yang terakreditasi A dan 877 perguruan tinggi terakreditasi B.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs