Jumat, 29 Maret 2024

Libur Lebaran, Patung Suro dan Boyo Dipadati Pengunjung

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Patung Suroboyo yang menjadi salah satu ikon Kota Pahlawan akhirnya diresmikan Rabu (29/5/2019) sore oleh Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya. Foto: Dok suarasurabaya.net

Patung raksasa Suro (hiu) dan Boyo (buaya) setinggi 25,6 meter di Taman Suroboyo yang berlokasi di kawasan pesisir utara Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Minggu (9/6/2019), dipadati pengunjung saat libur Lebaran tahun ini.

“Saya penasaran. Makanya datang ke sini,” kata Imam Mawardi, salah seorang pengunjung asal Magelang, dilansir Antara.

Imam mengaku sengaja datang ke Taman Suroboyo bersama keluarganya untuk berlibur sekaligus ingin lebih mengenal destinasi wisata baru yang ada di pesisir Surabaya ini.

Menurut dia, Patung Suro dan Boyo yang diresmikan Wali kota Surabaya bertepatan menjelang HUT ke-726 Surabaya pada 31 Mei lalu, menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi patung tersebut lokasinya berada di Taman Suroboyo dan Jembatan Suroboyo.

“Jadi banyak titik yang kita kunjungi mulai dari Jembatan Suroboyo hingga Taman Suroboyo,” ujarnya.

Hal sama juga dialami pengunjung lainnya warga Surabaya, Evin. Ia mengaku senang bisa berlibur bersama keluarga di Taman Suroboyo.

“Anak-anak suka karena bisa berswafoto di depan patung Suro dan Boyo. Anak-anak yang bermain di sekeliling patung,” katanya.

Sebagai warga Surabaya, Evin mengaku bangga dan senang karena Kota Surabaya bisa memiliki destinasi wisata baru yang ramai dikunjungi pengunjung saat liburan sekolah.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya sebelumnya mengatakan patung ini merupakan mimpinya sejak dahulu. Menurut dia, patung tersebut tidak hanya bisa dilihat dari darat saja tapi bisa dari laut jadi maka dari itu patungnya harus tinggi supaya bisa terlihat.

Risma menjelaskan untuk menaikkan perekonomian warga Kota Surabaya pihaknya terus berinovasi menciptakan sesuatu yang baru di setiap tahunnya, agar wisatawan tertarik datang tidak hanya sekali.

“Jadi tiap tahun harus ada yang baru di kota kita ini karena jika tidak ada yang baru orang tidak mau lagi datang. Oleh karena itu saya mencoba tiap tahun ada sesuatu yang baru. Supaya Surabaya menjadi destinasi tujuan wisata,” ujarnya.

Proses pengerjaan patung dengan tinggi total 25,6 meter ini, dibangun mulai 26 Februari 2019 dan selesai pada 10 Mei 2019. Dengan tinggi dudukan patung 5 meter dan diameter 15 meter berdiri di area Taman Suroboyo yang memiliki luas 11.900 meter persegi.

Menariknya, Patung Suro dan Boyo ini memiliki bentuk unik berupa rumput laut menyerupai asli di antara kedua patung tersebut. Tak hanya itu, warna dari patung ini berbeda dengan patung Suro dan Boyo yang sudah ada dan menjadi salah satu ikon di Kota Surabaya.(ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs