Jumat, 3 Mei 2024

Pemandian Air Panas Pacet Kembali Dibuka

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Situasi di pintu masuk Objek Wisata Air Panas Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto pada Sabtu (28/12/2019). Foto: Fuad Maja FM

Pasca terjadinya air bah yang menerjang kawasan Objek Wisata Air Panas Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto pada Jumat (27/12/19) sore, wanawisata air panas kembali dibuka.

“Kolam pemandian dan air panas Pacet sudah dibuka kembali sejak pukul 09.00 WIB tadi,” ungkap Suharto Koordinator wisata kolam dan air panas padusan pada Sabtu (28/12/19), melalui sambungan telepon.

“Kemari kan hanya ditutup sementara, karena kita tidak ingin terjadi hal hal yang tak diinginkan. Pagi tadi, sebanyak 10 saluran pipa yang sempat terputus juga sudah dibenahi oleh petugas, sehingga kita buka kembali,” tambahnya, saat dihubungi Fuad Amanullah, reporter Maja FM.

Pihaknya menjamin, dibukanya kembali wanawisata kolam dan air panas tetap aman, meski musim hujan telah tiba.

“Artinya kita disini juga sudah mengantisipasi apabila ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Seperti kemarin, kita langsung umumkan kepada para pengunjung agar segera meninggalkan lokasi saat terjadi peningkatan debit air,” jelasnya.

Meski sempat terjadi air bah di sugai Dawuh yang lokasinya bersebalahan dengan kolam wisata air panas, jumlah pengunjung air panas tak surut. Sejak dibuka pada pukul 09.00 WIB sampai sore ini, kurang lebih sudah 500 lebih pengunjung yang datang.

“Alhamdulillah, sejak pukul 09.00 WIB hingga kini pengunjung sudah 500 orang,”paparnya.

Artinya, sistem buka tutup akan diberlakukan bila kondisi tidak memungkinkan.

“Demi keamanan dan kenyamanan pengunjung, bila nanti terjadi hal yang serupa maka akan kembali kita tutup sementara,” tandasnya

Sementara itu, Rofi’i Senior Duty Manager Cluster Padusan menegaskan, insiden di sungai Dawung Pacet pada Jum’at (27/12/19) sore merupakan aliran debit yang cukup tinggi.

“Tidak ada air bah maupun banjir bandang, kejadian kemarin itu hanya debit air meninggi, karena hujan deras yang terjadi di kawasan Pacet,” jelasnya

Pihaknya juga sudah melakukan pengecekan di sepanjang sugai Dawung bersama jajaran samping pada Sabtu (28/12/19) pagi. Kata dia, sebelum adanya hal hal yang tak dinginkan, pihaknya sudah melakukan antisipasi ke siap siagaan.

“Sebelum ini terjadi, kita juga sudah melakukan mitigasi dan memasang sebuah alaram atau sirine penanda bila terjadi bencana,” paparnya.

Meski sempat ditutup sementara pada Jum’at (27/12/19) sore, wanawisata air panas Padusan kini kembali dibuka untuk umum, karena saluran pipa yang sempat terputus sudah tersambung.

“Demi menjaga kemaanan dan kenyamanna pengunjung, kemanan dan pengawasan akan semakin diperketat. Kita juga memasang orang untuk melakukan pengawasan terhadap debit air Dawang,” tandasnya.

Sebelumnya air bah menerjang kawasan Objek wisata air panas padusan pada Jum’at (27/12/19) sore. Ratusan pengunjung sempat di evakuasi saat air bah terjadi di sugai Dawung.

Tak hanya itu, air bah juga menghanyutkan pipa penghubung dari bukit dung Modang dan Dawuan ke kolam renang. (fad/ang/iss)

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs