Minggu, 12 Mei 2024

Pohon Tumbang Menimpa Rumah di Jalan Nias Surabaya

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pohon tumbang yang menimpa sebuah rumah di Jalan Nias, Surabaya pada Senin (18/11/2019) siang. Foto: Muhammad Basroni via E100

Pohon angsana berdiameter 80 sentimeter, tumbang dan menimpa sebuah rumah di Jalan Nias, Surabaya pada Senin (18/11/2019) siang.

Menurut Rokhim Kasi Ruang Terbuka Hijau DKRTH Kota Surabaya, kejadian ini dikarenakan kondisi pohon yang sudah tua dan mengalami pengeroposan.

“Memang ini pohon kondisi sudah tua dan keropos. Kita juga tidak ada laporan sebelumnya. Jadi ketika pohon tumbang, kita baru tahu saat kejadian,” kata Rokhim kepada Radio Suara Surabaya.

Diduga pengeroposan akibat pembakaran. Ini karena terlihat bekas bakaran di sekitar batang pohon bagian bawah, ujarnya.

Rokhim mengatakan, jika pohon di tepi jalan tumbang dan menimpa rumah warga, DKRTH tidak dapat memberikan uang santunan. Namun hanya membantu jika barang yang tertimpa pohon adalah barang yang diasuransikan.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat jika rumahnya berada dekat dengan pohon yang ditanam di pinggir jalan dan dalam kondisi membahayakan, maka warga diminta untuk melapor ke DKRTH.

“Kalau mau diajukan penebangan pohon monggo dipersilakan. Diajukan permohonan. Nanti kita lihat kondisinya, kalau membahayakan kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Hingga berita ini diunggah, Rokhim mengaku belum bertemu langsung dengan pemilik rumah. Diketahui, laporan pohon tumbang ini dilaporkan oleh warga di sekitar lokasi.

Beruntungnya, tidak ada korban dalam kejadian ini. Meskipun ada kerusakan materiil.

“Tidak ada korban. Alhamdulillah, selamat semua,” kata Rokhim.(tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
34o
Kurs