Jumat, 10 Mei 2024

Polisi Amankan 50 Terduga Provokator di Demo Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Situasi saat ricuh aksi #SurabayaMenggugat di depan gedung DPRD Jawa Timur, Kamis (26/9/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Polda Jatim mengamankan 50 orang terduga provokator saat demonstrasi #SurabayaMenggugat di depan Gedung DPRD Jawa Timur di Jalan Indrapura, Surabaya, Kamis (26/9/2019) kemarin.

Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, dari 50 orang yang diamankan, 46 orang diantaranya diamankan saat demonstrasi berlangsung Kamis kemarin. Sementara empat lainnya, merupakan pelaku vandalisme yang diamankan sebelum demonstrasi berlangsung.

“Total 50 orang yang diamankan terdiri dari dua pelajar Sekolah Dasar (SD), 25 pelajar SMP hingga SMA-SMK, dan 23 orang dewasa,” kata Barung di Mapolda Jatim, Jumat (27/9/2019).

Barung mengatakan, dari 50 orang yang diamankan, ada beberapa orang yang masih menjalani pemeriksaan 1×24 jam di Mapolrestabes Surabaya. Kemungkinan besar kesemuanya akan dilepas setelah itu.

“Masih dalam pemeriksaan 1×24 jam. Kemungkinan akan dilepas, karena akibatnya tidak begitu ada dampaknya, terus tidak ada korban. Kemungkinan kita lepas untuk wajib lapor,” ujarnya.

Barung menambahkan pihaknya memiliki alasan melakukan penangkapan kepada puluhan orang ini. Beberapa yang diamankan ini karena melakukan upaya provokasi saat aksi di lapangan.

Ada yang tertangkap melemparkan batu hingga botol ke arah petugas. Ada pula pelajar SMP yang diamankan lantaran melemparkan bom molotov ke petugas.

Barung menyebut, pihaknya telah mengamankan 27 ponsel milik para pelaku. Beberapa batu hingga Kapak yang dilempar. Ada juga kaleng cat semprot pada pelaku vandalisme. (bid/tin/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs