Sabtu, 20 April 2024

Polisi Sulit Ungkap Dugaan Penganiayaan Kucing Anggora

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
AKP Hendi Septiadi Kasat Reskrim Polres Tulungagung (tengah) menunjukkan barang bukti dan foto dugaan penganiayaan satwa kucing jenis anggora, di Mapolres Tulungagung, Sabtu (23/11/2019). Foto: Antara

Satreskrim Polres Tulungagung mengaku masih kesulitan mengungkap fakta di balik dugaan penganiayaan kucing anggora oleh seorang remaja yang menyebabkan satwa peliharaan itu tewas mengenaskan.

AKP Hendi Septiadi Kasat Reskrim Polres Tulungagung menyampaikan, pihaknya sampai saat ini belum memiliki bukti kuat adanya unsur penganiayaan dalam kasus tersebut.

“Sudah kita tingkatkan ke tingkat penyidikan dan sudah kita terbitkan SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan). Tapi belum ada tersangka,” kata Hendi, dilansir Antara, Sabtu (23/11/2019).

Hasil uji laboratorium atas sampel organ dan liur kucing anggora ke Unit Laboratorium Universitas Airlangga, memang ditemukan pelemakan dan kandungan alkohol.

Namun menurut penjelasan Hendi, sebagaimana analisa tim ahli dari Unair, pelemakan dan alkohol tidak selalu disebabkan oleh etanol.

“Hasil pembedahan pada tubuh kucing itu tidak ditemukan makanan pada lambung. Kondisi itu juga bisa memicu pelemakan,” papar Hendi.

Hendi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan ekspose perkara tersebut di Kejaksaan Negeri Tulungagung, dengan maksud agar bisa menentukan jenis perkara dan tersangkanya, sesuai pasal 15 UU 1 tahun 1946 dan 302 KUHP.

Hasil pemeriksaan terhadap saksi ahli seakan mematahkan anggapan tentang kucing itu yang mati akibat dicekoki alkohol.

Sesuai dengan pemeriksaan awal, kucing itu memang diberikan minum air kelapa oleh pelaku Ahmad Azzam dan kawan-kawannya.

Air kelapa yang masuk dalam tubuh kucing ini, setelah mengendap lebih dari sehari bisa juga menghasilkan kandungan sejenis alkohol. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs