Senin, 6 Mei 2024
Hari Radio Nasional

Radio Tetap Eksis, Perkembangan Teknologi Adalah Peluang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Errol Jonathans, Direktur Utama Suara Surabaya Media. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

“Penyesuaian diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi di publik adalah sebuah keniscayaan bagi industri radio. Mulai dari pergeseran budaya komunikasi dan informasi karena proses regenerasi konsumen, sampai pesatnya perkembangan teknologi,” kata Errol Jonathans Direktur Utama Suara Surabaya Media di Hari Radio Nasional ke-74, Rabu (11/9/2019).

Suara sebagai kekuatan radio, kata Errol, tidak akan tergantikan oleh teknologi secanggih apapun. “Media sosial memang bisa memviralkan informasi. Tetapi radio mampu menggerakkan pendengar,” kata Errol.

Perkembangan teknologi, kata Errol, justru menjadi peluang besar bagi industri radio. Misalnya, kemunculan konsep radio visual: gambar, teks, atau visual bergerak yang dihadirkan media sosial dan aplikasi dapat melengkapi kekuatan suara radio.

“Dengan sistem konvergensi yang diterapkan Suara Surabaya, konten media sosial dan radio visual tugasnya melengkapi radio. Konten di radio tetap menjadi sumber utama konten di media lainnya. Konten media sosial bisa saja diangkat ke radio, tapi tetap melalui proses verifikasi redaksi,” ucapnya.

Dengan adanya proses verifikasi yang kredibel, radio juga bisa menjadi validator informasi di tengah banjir hoaks di internet dan media sosial. Selain itu, karakteristik imajinatif radio juga masih tidak bergeser.

“Kekuatan imajinasi tentang sosok memang sudah lewat. Kekuatan imajinasi radio sudah tidak seperti dulu lagi karena media sosial. Sosok penyiar sekarang terekspos, tak lagi misterius. Tetapi imajinasi dari kekuatan kata-kata, makna, dan rasa bahasa, masih sangat kuat,” kata Errol.

Maraknya tren podcast belakangan ini, menurut Errol, juga menjadi bukti bahwa audio masih digemari sampai saat ini. Maka, kalau ada stasiun radio yang semakin ditinggal pendengarnya, bisa jadi itu karena kontennya yang kurang sesuai kebutuhan publik.

“Bukan mediumnya yang kuno. Saya percaya, konten masih jadi raja,” kata Errol.

Di luar konten radio yang harus sesuai dengan kebutuhan publik, penyiar juga membawa peran penting bagi keberlanjutan radio. Kata Errol, radio akan tetap didengar bila komunikasi penyiar dengan pendengar selayaknya kawan dekat, sahabat yang saling setia. (iss/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs