Kamis, 25 April 2024

21 Pelanggar Prokes Terjaring Tim Swab Hunter Tambaksari

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Operasi protokol kesehatan di Kecamatan Tambaksari, Kamis (12/11/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tim Swab Hunter Pemerintah Kota Surabaya terus memasifkan operasi protokol kesehatan (prokes) di berbagai wilayah, Kamis (12/11/2020). Para pengendara yang tidak memakai masker langsung dibawa ke Puskesmas untuk dilakukan tes swab.

Pantauan suarasurabaya.net di Jalan Bronggalan, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, sejak pukul 8.30 WIB sampai 9.30 WIB sekitar 15 petugas gabungan melakukan operasi prokes. Dalam operasi satu jam itu, petugas mendapati 21 pelanggar prokes.

“Sekitar 21 orang pelanggar ini kami bawa ke Puskesmas Rangkah untuk menjalani tes swab,” ujar Arif Witjaksana Kasi Trantib Kecamatan Tambaksari.

Setelah menjalani tes swab, KTP yang tadinya disita petugas langsung dikembalikan di tempat. Namun, bagi warga KTP luar Surabaya disita 7 hari sambil menunggu hasil tes swab tersebut.

“Bagi pelanggar dengan KTP Surabaya yang hasil tes swab positif langsung dibawa ke Asrama Haji untuk karantina. Untuk warga KTP luar Surabaya dikirim ke RS Lapangan Jalan Indrapura,” katanya.

Arif mengatakan, sepanjang bulan Oktober kemarin Kecamatan Tambaksari telah menindak 463 pelanggar prokes. Lalu, pada bulan ini sementara masih 190 orang. “Kami berharap warga lebih disiplin pakai masker dan protokol kesehatan,” katanya.

Sekadar diketahui, hingga hari ini pasien yang masih dalam perawatan di Kota Surabaya tinggal 57 orang, dengan rincian Rawat Jalan 4 kasus, Rawat Inap 17 kasus, isolasi di Asrama Haji 32 kasus, dan di RS Lapangan Jl Indrapura 4 kasus.

Adapun data kumulatif kasus Covid-19 mulai awal pandemi sampai sekarang sebanyak 16.353 kasus, kemudian yang sembuh 15.108 orang, dan 1.186 meninggal dunia.

“Ada 107 kelurahan sudah nol Covid. Dengan adanya testing dan operasi protokol kesehatan ini, diharapkan 154 kelurahan di Surabaya dapat terbebas dari Covid-19. Sehingga pembelajaran tatap muka bisa segera dimulai kembali,” kata Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya. (bid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs