Sabtu, 20 April 2024

Tingkatkan Pelayanan Penyakit Jantung, RSUD Dr Soetomo Gandeng IJN Malaysia

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Penandatanganan MoU RSUD Dr Soetomo, Fakultas Kedokteran Unair, dan Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia, Senin (20/1/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

RSUD Dr Soetomo bersama Fakultas Kedokteran Unair menandatangani MoU dengan Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia, Senin (20/1/2020).

Kerja sama itu dalam bidang riset, teknologi dan pendidikan sektor kedokteran jantung. Kerja sama ini bertujuan untuk memajukan departemen Jantung RSUD Dr Soetomo.

Dr Aizai Azan Chief Executive Officer and Senior Consultant Cardiologist National Heart Institute (IJN) mengatakan, kerja sama ini berlandaskan pada kesamaan kasus penyakit jantung di Indonesia dan Malaysia.

“Kasus penyakit jantung di Indonesia dan Malaysia ini banyak yang sama. Jadi kerja sama ini pasti banyak menghasilkan riset yang baik,” ujar Aizai.

Dr Aizai memberikan gambaran bagaimana teknologi bedah jantung di IJN. Sebagai rumah sakit khusus jantung paling maju di Malaysia, IJN melakukan banyak inovasi dalam teknologi mutakhir seperti pada penyakit jantung berlubang, jantung lemah, dan transplantasi jantung.

“Ya banyak teknik baru di IJN, seperti jantung berlubang tanpa membedakan yakni dengan pemasangan kateter. Perawatan lemah jantung,” ujarnya.

Joni Wahyuhadi Direktur RSUD Dr Soetomo mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan pendidikan di RSUD Dr Soetomo.

“RSUD Dr Soetomo diberi tugas untuk mengembangkan pelayanan tersier yakni jantung. IJN sudah terkenal, bidang pendidikan pelayanan dan penelitian. Ada departemen pelayanan jantung, jadi harapannya dengan memberikan pelayanan yang terbaik dengan adanya kerja sama ini,” kata Joni. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs