Kamis, 2 Februari 2023

Akhirnya, Pemprov Buka Akses Peta Digital Sebaran COVID-19 Jatim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Peta sebaran kasus COVID-19 itu bisa diakses di infocovid19.jatimprov.go.id. Foto: Denza suarasurabaya.net

Kasus positif COVID-19 di Jatim terus bertambah. Sudah ada 26 kasus positif. Pada Sabtu (21/3/2020) petang, Pemprov Jatim akhirnya membuka akses peta sebaran digital COVID-19 meski belum secara detail.

Peta sebaran kasus COVID-19 itu bisa diakses di infocovid19.jatimprov.go.id. Lewat situs itu, seluruh jumlah kasus COVID-19 baik positif, ODP, dan PDP, bisa diakses online beserta peta sebarannya.

Hanya saja, peta sebaran ini tidak seperti milik provinsi lain, sampai di kecamatan, bahkan di tingkat kelurahan. Peta ini hanya membedakan kategori kasus dengan warna di setiap kabupaten/kota.

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyatakan tidak membuka akses peta sebaran ini untuk publik karena alasan khawatir terjadi alienasi terhadap orang terkait COVID-19.

Situs peta sebaran digital ini melengkapi situs yang sebelumnya diluncurkan Pemprov Jatim berkaitan self assessment. Masyarakat yang ingin tahu apakah dirinya riskan tertular COVID-19 atau tidak, bisa mengakses checkupcovid19.jatimprov.go.id. (den/ang/ipg)

Berita Terkait