Jumat, 29 Maret 2024

Arum Sabil Terpilih Jadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Jatim di Batu, Rabu (16/12/2020). Foto: Istimewa

Arum Sabil terpilih menjadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur dalam Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Jatim di Batu, Rabu (16/12/2020).

“Dari persyaratan, hanya Kak Arum Sabil yang memenuhi. Dengan demikian HM. Arum Sabil sah jadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim masa bakti 2020-2025,” ujar Prof Dr. Suyatno Pimpinan Sidang Pemilihan Ketua Kwarda Jatim.

Pada Musda kali ini, sebenarnya ada tiga nama yang muncul sebagai calon Ketua Kwarda Jatim. Emil Dardak Wagub Jatim, Purmadi, dan Arum Sabil. Dari tiga nama itu haya Arum Sabil yang bersedia jadi Ketua Kwarda Jatim.

“Jika hanya saya yang memenuhi persyaratan, maka dengan ini saya siap jadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim dan siap kolaborasi dengan Pemprov untuk memajukan Pramuka,” ujar Arum Sabil.

Purmadi, yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Kwarda menyatakan tidak sanggup maju melalui surat pernyataan resminya. Sementara Emil Dardak mengundurkan diri dari pencalonan lewat akun Instagramnya @emildardak.

Tidak hanya mengundurkan diri, Emil juga tidak hadir dalam Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Jatim di Batu.

“Atas berbagai pertimbangan Musda kali ini kami memohon izin untuk tidak berpartisipasi sebagai kandidat dan akan senantiasa mendukung Pramuka dalam kapasitas kami di Pemprov Jatim,” tulis Emil dalam unggahannya.

“Semoga Musda berjalan lancar dalam memajukan Pramuka Jatim. Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan!” Tulisnya.

Perlu diketahui, Arum Sabil bukan nama baru di dunia Pramuka. Dia aktif sebagai anggota sejak duduk di bangku SMA. Bagi dunia pertanian, perkebunan, dan peternakan Indonesia, Arum dikenal sebagai praktisi.

Padepokan miliknya di Jember menerapkan sistem organik dan zero waste (tidak ada sesuatu yang terbuang). Arum Sabil juga aktif menggelorakan pentingnya pendidikan untuk masyarakat pedesaan.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim hadir untuk membuka acara Musda Kwarda Jawa Timur itu pada Selasa (15/12/2020). Menurutnya, Pramuka sangat berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Character building (pembentukan karakter) jadi penting untuk mengendalikan era ini. Maka saya harap Musda berjalan seiring ide kreatif Pramuka menjawab tantangan zaman,” kata Gubernur Perempuan pertama di Jatim itu.(den/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs