Jumat, 26 April 2024

Beberapa Pejabat Pemkab Jember Diperiksa KPK

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Suasana apel para pejabat dan ASN di halaman Kantor Pemkab Jember. Foto: Antara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, berkaitan kasus dugaan korupsi yang dilaporkan oleh masyarakat.

“Benar, KPK ada kegiatan di Jember menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya dugaan korupsi,” kata Ali Fikri Plt Juru bicara KPK melalui pesan singkat, dilansir Antara, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, tim KPK akan meminta keterangan beberapa pihak di lingkungan Pemkab Jember, namun tidak disebutkan identitas pejabat yang diperiksa tersebut.

“Karena masih proses penyelidikan, maka mengenai materinya saat ini belum bisa kami sampaikan dan nanti pada waktunya akan kami informasikan lebih lanjut perkembangannya,” tuturnya.

Sementara itu, Abdul Muqit Arief Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jember saat dikonfirmasi sejumlah wartawan membenarkan adanya sejumlah pejabat Pemkab Jember yang dimintai keterangan KPK di Surabaya.

“Setahu saya yang mengajukan izin baru Pak Sekretaris Daerah Mirfano, namun saya tidak mengetahui siapa saja pejabat yang dimintai keterangan KPK,” katanya.

Menurut ia, undangan pemeriksaan tersebut biasanya dikirim langsung kepada pejabat yang bersangkutan terkait dengan dugaan penyelidikan kasus korupsi.

Dari izin yang diajukan Sekda Jember itu menyebutkan bahwa pemeriksaan dilakukan di Surabaya dan Muqit mengaku tidak mengetahui pemeriksaan tersebut mengenai program pemkab yang mana.

“Karena tidak mendapat pemberitahuan langsung dari KPK, saya tidak mengetahui penyelidikan yang dilakukan oleh KPK membidik program apa dan tahun anggaran yang mana,” tuturnya. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs