Kamis, 11 Agustus 2022

Benjeng Masih Langganan Banjir, Bupati Gresik: Mohon Maaf

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pemukiman warga Desa di Kecamatan Benjeng terendam banjir. Foto: BPBD Gresik.

Benjeng dan Balongpanggang merupakan dua Kecamatan di Kabupaten Gresik yang masih menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba. Bahkan, beberapa pendengar Radio Suara Surabaya ada yang bernada lelah membahas solusinya. Mereka bilang, pemerintahan terus berganti pemimpin, tapi kenapa banjir Benjeng tetap terjadi setiap tahun.

Padahal, penyebab banjir tahunan itu juga sudah umum diketahui, yakni karena meluapnya Kali Lamong. Sambari Halim Radianto Bupati Gresik dua periode, saat mengudara di Radio Suara Surabaya meminta maaf, banjir terus terjadi di Benjeng dan Balongpanggang.

“Terus usaha untuk atasi banjir di sekitar Kali Lamong. Sebetulnya tidak hanya Benjeng, tapi Balongpanggang juga kena dampak. Mohon maf, mohon maaf,” ujar Sambari saat mengudara bersama Restu Indah penyiar Radio Suara Surabaya, Minggu (13/12/2020).

Sambari mengungkapkan, banjir di Benjeng per Minggu ini, berdampak pada sekitar 7 Desa. Ketinggian air bervariasi, mulai 50 centimeter sampai 90 centimeter. “Pemkab melalui BPBD pasti ada penanganan, perahu karet sudah turun, dapur umum sudah turun di 2 desa,” ujarnya.

Sambari bilang, banjir ini aliran air dari barat ke selatan. Menurut keterangnan camat setempat, yang daerah utara jelang Cerme semakin tinggi. Karena kiriman dari arah induknya kali lamong.

“Lokasi kali Lamong batas dengan Mojokerto. Perjalanan air memang yang besar daerah pertama, kalau hujan reda air terus sampai daerah cerme. Setiap tahun pemerintah melalu pu membuat sudetan, tapi ini belum menyelesaikan,” katanya.

Menurut Sambari, banjir ini kalau tidak hujan dua hari bisa surut. Tapi, kalau hujan lagi ada air kiriman lagi maka tidak bisa menjamin banjir bakal surut dalam dua hari. “Mohon maaf yang sebesar-besarnya mungkin belum bisa menyelesaikan tapi kami terus berupaya,” katanya. (bid)

 

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
26o
Kurs