Jumat, 20 Mei 2022

Empat Target Penerapan PSBB di Tiga Wilayah Surabaya Raya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Joni Wahyuhadi Direktur Utama RSUD dr Soetomo Surabaya. Foto : Abidin suarasurabaya.net

Dalam waktu dekat, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk seluruh wilayah Surabaya, sebagian wilayah Gresik, dan sebagian wilayah Sidoarjo akan berlaku. Ada sejumlah target dari penerapan PSBB.

Joni Wahyuhadi Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur menyebutkan, ada empat target yang harus dipenuhi dari penerapan PSBB di tiga wilayah Jawa Timur ini.

“Kalau melihat Permenkes 9/2020 (tentang PSBB), memang ada target yang harus dicapai dari pelaksanaan PSBB. Target ini juga akan masuk dalam draft keputusan gubernur,” ujarnya, Rabu (22/4/2020).

Empat target itu antara lain, pertama tren penurunan jumlah kasus, penurunan jumlah kematian, dan penekanan transmisi penularan. Terakhir, ada hasil kajian epidemiologis terhadap ketiga tren itu.

“Kami (Pemprov Jatim) tinggal melakukan kajian berapa targetnya selama 14 hari ke depan selama berlakunya PSBB. Ini keputusan Bu gubernur (Khofifah Indar Parawansa),” lanjut Dirut RSUD Dr Soetomo Surabaya ini.

Selain kajian epidemiologis, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 baik Pemprov Jatim maupun masing-masing kabupaten/kota juga harus melakukan kajian dampak sosial dan ekonomi.

“Kita juga lakukan kajian apakah ada efeknya terhadap sosial, agama, budaya, dan lainnya. Jadi intinya kita masih menunggu keputusan gubernur hingga final,” pungkasnya.(den/rst)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 20 Mei 2022
31o
Kurs