Sabtu, 27 April 2024

Gubernur Adakan Drive Thru Disinfektan di Suramadu dan Keluarkan SE untuk Pemudik

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gubernur, Wakil Gubernur, dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Jatim saat menggelar konferensi pers di Grahadi, Sabtu (28/3/2020). Foto: Istimewa

Pemprov Jatim akan segera membangun drive thru disinfektan di dua sisi Jembatan Suramadu, baik dari Surabaya ke Madura maupun dari Madura ke Surabaya.

“Kami bersiap memasang drive thru disinfektan untuk arus ke Madura dan arus ke Surabaya,” ujar Khofifah Gubernur Jatim di Grahadi, Sabtu (28/3/2020) malam.

Selain itu, Pemprov juga akan membangun tenda disinfektan di titik-titik pelabuhan yang ada di Jawa Timur. Seperti di Pelabuhan Probolinggo dan Situbondo.

“Kami maksimalkan juga dari kepulauan di Sumenep. Kami akan pastikan kesiapan tenda disinfektan ini di titik-titik pelabuhan yang ada,” katanya.

Pengadaan drive thru disinfektan di Jembatan Suramadu dan penyiagaan tenda disinfektan di pelabuhan ini bagian dari kesiapsiagaan berlapis.

Forkopimda Jatim, kata Gubernur, sedang membangun sinergitas dari hulu sampai hilir. Kesiapsiagaan itu akan sampai ke tingkat kelurahan dan desa.

Terutama, kata Khofifah, untuk melakukan langkah pencegahan lebih efektif dengan membangun kedisiplinan masyarakat agar tidak keluar rumah kecuali mendesak.

Heru Tjahjono Sekdaprov Jatim sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim mengatakan, rencana drive thru disinfektan itu segera dimatangkan.

Selain itu, Sekda juga menyampaikan, Gubernur akan mengeluarkan surat edaran (SE) berkaitan warga kabupaten/kota yang hendak mudik ke daerah asal.

“Surat edaran itu akan dikeluarkan Bu Gubernur, bahwa bupati dan wali kota harus menyiapkan isolasi untuk seluruh masyarakat kabupaten/kota yang akan mudik,” ujarnya.

Dia menambahkan, rencananya hari ini, Minggu (29/3/2020), Gubernur akan mengikuti telekonferensi dengan bupati dan wali kota se-Jatim di Markas Polda Jatim.(den/iss/rst)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs