Selasa, 19 Maret 2024

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah P4G pada 2022

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Suharso Monoarfa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan Partnering for Green Growth and the Global Goals (P4G) pada 2022 mendatang. Hal tersebut terungkap saat Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan Cho Myung-Rae di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (25/2/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Suharso Monoarfa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, dan Mahendra Siregar Wakil Menteri Luar Negeri .

“Beliau memberitahukan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah P4G pada tahun 2022,” kata Suharso dalam keterangan pers usai pertemuan.

P4G merupakan kerja sama untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs), khususnya di bidang agrikultur, pangan, air, energi, kota berkelanjutan, dan ekonomi sirkular. Awalnya kerja sama tersebut diinisiasi oleh dua negara, yaitu Denmark dan Belanda.

“Di sektor-sektor SDGs ini beberapa negara bersama enam lembaga internasional dan beberapa institusi NGO internasional bergabung di sana dalam rangka percepatan SDGs. Nah Indonesia salah satu anggota dari 20 negara tersebut,” lanjut Suharso.

Menurut Suharso, dalam upaya pencapaian SDGs, Indonesia dinilai sudah baik dan bisa menjadi contoh. Meskipun secara peringkat masih tergolong rendah, tetapi Indonesia berkomitmen kuat untuk mencapai SDGs.

“Negara-negara ini membantu kita dalam mempercepat beberapa sektor di SDGs tadi yang saya sebutkan,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan juga menyampaikan undangan kepada Presiden Jokowi untuk menghadiri pertemuan kedua P4G di Seoul pada 28-30 Juni 2020. Pertemuan pertama P4G akan dihelat di Copenhagen, Denmark, pada 19-20 Oktober 2018. (rid/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
33o
Kurs