Kamis, 25 April 2024

Jenazah Bharada Doni Korban KKB Disambut di Bandara Juanda

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Jenazah Bharada Doni Priyanto saat tiba di Bandara Juanda, Minggu (1/3/2020) siang. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Jajaran Polda Jatim menyambut kedatangan jenazah Bharada Doni Priyanto, di Bandara Juanda, Minggu (1/3/2020) siang. Dia adalah salah satu anggota Brimob yang gugur, akibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Jumat (28/2/2020).

Prosesi upacara penjemputan itu dihadiri langsung oleh Brigjen Pol Djamaludin Wakapolda Jatim beserta jajaran. Turut hadir juga dalam upacara itu, Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim dan Heru Tjahjono Sekdaprov Jatim.

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim saat menyambut kedatangan jenazah Bharada Doni Priyanto, di Bandara Juanda. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Brigjen Pol Djamaludin Wakapolda Jatim mengatakan jenazah akan dibawa ke rumah duka yang beralamat di Dusun Krajan Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek. Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim beserta jajarannya sudah berada di lokasi untuk mengikuti prosesi upacara pemakaman.

Dalam hal ini, pihaknya juga menyampaikan rasa bela sungkawa atas gugurnya Bharada Doni. Menurutnya, almarhum bertugas dengan gigih terutama dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Nilai yang diteladani adalah nilai pengorbanannya itu. Artinya dia dengan gigih untuk melakukan tugas tersebut dalam rangka mencegah KKB,” kata Djamaluddin kepada wartawan.

Salah seorang anggota Brimob membawa foto mendiang Doni Priyanto salah satu anggota Brimob yang gugur, akibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Jumat (28/2/2020) lalu. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Atas perjuangannya itu, kata dia, Bharada Doni Priyanto dianugerahi kenaikan pangkat luar biasa (KPLB). Kini, almarhum berpangkat Bharatu Anumerta. Jenazah juga akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kabupaten Trenggalek.

“Santunan pasti ada. Dia juga dimakamkan di TMP. Pak Kapolda sekarang sudah di Trenggalek untuk menunggu jenazah dan mengikuti prosesi pemakamannya,” kata dia.

Adapun jenazah baru bisa dievakuasi atau dipulangkan ke rumah duka hari ini, Djamaluddin mengatakan bahwa medan di lokasi kejadian cukup sulit. Sehingga, evakuasi baru bisa dilakukan kemarin dan jenazah dipulangkan hari ini.

Sementara itu, Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim juga turut menyampaikan bela sungkawa. Menurutnya, sosok Doni Priyanto menjadi inspirasi untuk senantiasa memiliki nasionalisme yang tinggi. Terutama membela bangsa dan negara.

“Atas nama masyarakat Jawa Timur, Ibu Gubernur tadi menugaskan segenap jajaran termasuk saya untuk mendampingi Pak Wakapolda dan seluruh pejabat untuk menjemput jenazah almarhum yang gugur dalam menjalankan tugas.

“Kita turut berduka dan berterima kasih atas pengabdian almarhum, yang sudah berjuang mempertahankan kedaulatan NKRI. Mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” tambahnya.

Sebelumnya, kontak senjata antara aparat keamanan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali terjadi, Jumat sore di wilayah Jipabera, Arwanop, Distrik Tembagapura.

Kontak senjata yang berlangsung tiga jam itu mengakibatkan seorang anggota Brimob, Bharada Doni gugur. (ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs