Kamis, 25 April 2024

Jokowi Ingatkan Pentingnya Kerja Keras dan Pantang Pesimistis Hadapi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden meminta jajarannya untuk terus berusaha dan bekerja keras memulihkan dampak kesehatan dan ekonomi yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19.

Hal itu penting karena Indonesia serta mayoritas negara lain diprediksi akan mengalami koreksi tajam terhadap target pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di tahun 2020.

“Kita harus menyiapkan diri dengan berbagai skenario. Tidak boleh pesimistis. Kita harus tetap berikhtiar dan bekerja keras dalam upaya pemulihan-pemulihan baik pemulihan kesehatan mau pun ekonomi. Insya Allah kita bisa,” ujarnya dalam sidang kabinet paripurna virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/4/2020).

Sebelumnya, berbagai lembaga internasional seperti IMF dan Bank Dunia memprediksi ekonomi global tahun 2020 akan memasuki periode resesi.

Data perkiraan yang dipegang Jokowi, ekonomi global dapat tumbuh menjadi minus 2,8 persen.

Selain itu, Presiden juga meminta jajarannya untuk mengantisipasi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 yang mungkin ditimbulkan hingga tahun 2021.

“Makanya, perlu perhitungan dan persiapan yang teramat cermat untuk menghadapi hal tersebut. Saya ingatkan, kita harus tetap fokus pada misi besar kita yaitu reformasi struktural yang harus terus tetap berjalan,” tuturnya.

Reformasi struktural itu, lanjut Jokowi, mencakup reformasi regulasi, reformasi birokrasi, dan reformasi dalam peningkatan produktivitas dan transformasi ekonomi sebagai misi besar Indonesia. (rid/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs