Selasa, 19 Januari 2021

Kasus Positif Covid-19 DKI Jakarta Melambat

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Letjend Doni Monardo Kepala Gugus Tugas Covid-19. Foto : Antara

Letjend Doni Monardo Kepala Gugus Tugas Covid-19 melihat adanya perlambatan penularan virus Corona di DKI Jakarta.

Tercatat dalam data per 27 April 2020 ini orang konfirmasi positif sebanyak 70, sementara sebelumnya rata-rata juga di bawah angka 100.

Menurut Doni, ini merupakan sinyal positif, karena beberapa hari terakhir menunjukkan adanya kurva yang mulai flat terkait penularan di DKI Jakarta.

“Khusus DKI, perkembangan yang terakhir kasus positif mengalami perlambatan yang sangat cepat. Dan saat ini sudah mengalami flat,dan kita berdoa semoga tidak terlalu banyak lagi kasus positif yang terjadi,” ujar Doni dalam telekonferensi, Senin (27/4/2020).

Kata Doni, perlambatan ini karena penerapan PSBB yang telah berjalan dengan baik dan ke depan perlu terus ditingkatkan dalam pengawasan dan penegakkan hukumnya.

Sementara Achmad Yurianto Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus corona mengatakan, untuk hari ini jumlah pasien Covid-19 bertambah menjadi 9.096 orang. Kemudian yang sudah sembuh menjadi 1.151 orang, sementara yang meninggal ada 765 orang.

“Terkonfirmasi kasus positif baru sebanyak 214 orang, sehingga totalnya menjadi 9.096 orang. Sembuh 44 orang sehingga total sembuh menjadi 1.151. Kasus meninggal bertambah 22 orang sehingga menjadi 765 orang,” ujar Achmad dalam konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (27/4/2020).

Kata Achmad, kasus meninggal ini pada kelompok usia sekitar 60 tahun atau antara 41- 60 tahun dan beberapa diantaranya diatas 61 tahun dan 80 tahun karena faktor komorbid atau penyakit penyerta.

“Yang paling banyak yang pertama adalah hipertensi kemudian yang kedua adalah diabetes, yang ketiga jantung, yang ke empat adalah penyakit paru-paru baik asma maupun penyakit paru obstruktif menahun semacam bronkhitis kronis dan seterusnya,” kata dia.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Mogok di Manyar Gresik

Jeglongan di Wedi Gedangan

Jalan Rusak di Brigjend Katamso Sudah Ditambal

… Lewati Lembah, Sungai Mengalir, Eh Bukan

Surabaya
Selasa, 19 Januari 2021
25o
Kurs