Jumat, 29 Maret 2024

Ketua SNMPN 2020: Pastikan Pilih Politeknik dan Prodi Sesuai Kemampuan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
snmpn ilustrasi

Menjelang penutupan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2020 pada Jumat (13/3/2020), Dr.Ir. Zainal Arief, MT., Ketua SNMPN 2020 berpesan kepada pendaftar SNMPN untuk memilih Politeknik serta program studi (prodi) sesuai dengan kemampuan.

Selain menghimbau memilih sesuai kemampuan, Dr.Ir. Zainal Arief, MT., Ketua SNMPN 2020 juga menghimbau kepada seluruh pendaftar SNMPN untuk segera melakukan finalisasi.

“Karena pendaftaran akan ditutup 3 hari lagi, maka bagi para pendaftar SNMPN 2020 diharapkan untuk segera finalisasi. Apalagi bagi yang sudah mendapat KIP-Kuliah, jangan ditunda-tunda,” terang Dr.Ir. Zainal Arief, MT.

Sebelumnya, perpanjangan dilakukan saat pendaftaran peserta SNMPN 2020, yang seharusnya berakhir Jumat (6/3/2020) diperpanjang menjadi Jumat (13/3/2020), dengan pertimbangan memberikan kesempatan pendaftar yang ingin memanfaatkan KIP Kuliah.

KIP Kuliah, seperti diketahui baru dibuka di awal Maret 2020, oleh Presiden Joko Widodo ini diharapkan dapat membantu meluaskan akses pendidikan bagi keluarga yang kurang mampu di Indonesia.

“Segera setelah dilakukan finalisasi, panitia SNMPN akan melakukan seleksi, termasuk sinkronisasi data pendaftar dan penerima KIP Kuliah. Itu kenapa jika belum finalisasi, peserta belum dinyatakan resmi mendaftar,” lanjut Zainal.

Mengingat batas waktu finalisasi yang makin dekat dihimbau kepada para peserta untuk lebih teliti dalam melakukan proses pendaftaran. Ini dilakukan untuk menghindari masalah teknis. Data yang diisikan harus dipastikan benar, termasuk saat memilih politeknik negeri yang dituju dan program studi (prodi) nya.

“Pilihlah Politeknik dan prodi yang terdapat pada laman SNMPN 2020. Serta, pastikan sesuai dengan kemampuan siswa dan berkorelasi dengan asal sekolah. Jika sudah mendaftar segera finalisasi dan cetak bukti pendaftaran. Tanpa mengulur waktu hingga detik-detik terakhir agar menghindari error,” pesan Zainal.

Setelah pendaftaran ditutup, proses selanjutnya adalah seleksi yang dilakukan oleh masing-masing Politeknik.

Hingga Selasa (10/3/2020) tercatat 292.854 siswa terdaftar mengikuti jalur SNMPN. Sementara masih ada 149.839 siswa yang belum melakukan finalisasi. Sedangkan pengumuman peserta yang lolos SNMPN 2020 dijadwalkan 28 Maret 2020.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs