Kamis, 18 April 2024

Komisi I : Kemenangan Joe Biden Diharapkan Menjadi Angin Segar Dunia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Abdul Kharis Almasyhari Ketua Komisi I DPR RI. Foto: Dok/Faiz suarasurabaya.net

Pidato kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden Amerika Serikat membawa angin segar bagi dunia karena menyerukan persatuan bagi Rakyat Amerika dan juga berimplikasi bagi dunia dan juga Indonesia.

“Joe Biden menyerukan persatuan dan meminta para pendukungnya untuk “stop memperlakukan lawan kita sebagai musuh” meski itu diserukan untuk warga Amerika. Saya berharap juga untuk warga dunia agar kedamaian diseluruh kawasan yang selama Trump memimpin AS, dunia penuh dengan ketegangan dan gesekan,” jelas Abdul Kharis Almasyhari Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI bidang luar negeri, Senin (9/11/2020).

Anggota DPR dari Fraksi PKS ini mengucapkan selamat kepada Warga Amerika Serikat yang menyuguhkan demokrasi dan proses pemilu yang dapat dikatakan lebih baik dari tanah air karena perhitungan yang cepat dan terbuka.

“Selamat kepada seluruh Warga Amerika Serikat yang telah menyuguhkan pesta demokrasi yang akuntabel, transparan dan fair sejauh ini bagi seluruh warga dunia. Dan selamat mendapatkan Presiden baru Bapak Joe Biden, semoga membawa kebaikan bagi semua,” ujar Kharis.

Menurut legislator asal Solo ini, dalam politik luar negerinya, AS dibawah kepemimpinan Biden akan tetap menjadikan Indonesia sebagai satu diantara andalan AS di Asia Tenggara apalagi terkait dengan ketegangan di Laut Cina Selatan.

“Joe Biden akan mengandalkan sekutunya di Asia Tenggara dalam berbagai isu keamanan dan Indonesia menjadi negara yang dipandang penting sebagai negara terbesar di ASEAN untuk membuat kawasan Asia Tenggara tetap kondusif, terutama berkaitan dengan isu Laut China Selatan,” jelas Kharis.

Dia juga menambahkan peluang ini bisa Indonesia manfaatkan untuk menjalin kerja sama bilateral dengan AS di bidang pertahanan, seperti persediaan senjata dan pelatihan militer bagi TNI.

“Semua bisa menguntungkan Indonesia tergantung dengan upaya diplomasi yang dijalankan Pemerintah Indonesia dalam mengikat kerjasama yang terbaik untuk tanah air Republik Indonesia,” tutup Kharis. (faz/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs