Kamis, 28 Maret 2024

LAZISNU se-Jatim Salurkan Dana Rp84,9 Miliar Selama Ramadan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
LAZISNU saat menyalurkan ZIS (zakat, infaq, sedekah) kepada warga. Foto: Istimewa

A. Afif Amrullah Ketua NU Care-LAZISNU Jatim mengatakan, perolehan dan pendayagunaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) selama bulan Ramadhan 1441 H kemarin sebesar Rp84,9 miliar. Di mana lebih dari 90 persennya sudah didistribusikan kepada para ustahik, terutama kelompok fakir dan miskin.

Hal itu disampaikan Afif dalam Halal Bihalal (HBH) dan Ngobrol Filantropi (Ngopi) secara daring, pada Sabtu (6/6/2020), yang diikuti UPZIS NU Care-Lazisnu Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

“Ini merupakan akumulasi seluruh laporan pendayagunaan ZIS dari tingkat PW, PC, MWC, Ranting hingga Jaringan Pengelola (JP) ZIS di masjid, mushola, pondok pesantren dan lembaga lainnya,” kata Afif, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (7/6/2020).

Secara rinci, lanjut dia, dari total Rp84,9 miliar tersebut terdiri dari Rp65,4 miliar zakat fitrah atau setara dengan sekitar 6.548 ton beras, dan zakat maal sebesar Rp6,5 miliar. Kemudian untuk fidyah dan sedekah mendapatkan Rp12 miliar.

“Tentu ini peningkatan yang sangat besar dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

NU Care-LAZISNU Jatim mengapresiasi kerja keras dan pengabdian para pengurus di semua tingkatan, mulai dari desa atau tingkat ranting, JPZIS masjid/mushola hingga pengurus cabang.

“Data perolehan ini akan terus bertambah, karena dari 45 Cabang masih 31 cabang yang sudah mengirimkan laporannya,” lanjutnya.

Tahun ini, Kabupaten Sidoarjo memimpin perolehan terbanyak yaitu sebesar Rp22 miliar.

“Alhamdulillah kami pada tahun ini berhasil menghimpun dan menyalurkan dana zakat, infaq, dan sedekah sebesar Rp22 miliar kepada sekitar 89.751 mustahik yang tersebar di tiap kecamatan di Sidoarjo,” kata Muhammad Ikhsan, Ketua LAZISNU Kabupaten Sidoarjo saat memberikan laporan secara virtual

Pada kesempatan HBH dan Ngopi itu turut dihadiri KH Ahmad Sudrajat Ketua PP NU Care Lazisnu, Prof Akh Muzakki Sekretaris PWNU Jawa Timur dan Dr KH Abdussalam Nawawi Ketua Baznas Jawa Timur. Selain menyapa para pengurus, kegiatan itu juga sekaligus mengevaluasi program semester awal tahun 2020 dan mengatur strategi berikutnya. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs