Jumat, 26 April 2024

Menkes dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kunjungi Jatim, Ada Sejumlah Bantuan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kunjungan Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan dan Letnan Jenderal TNI Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Covid-19 didampingi Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim di RS Lapangan, Jl Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6/2020). Foto: Istimewa

Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan RI menyoroti angka kematian pasien Covid-19 yang masih tinggi di Jatim. Dia berharap kondisinya bisa segera reda.

“Kami harap Jatim bisa segera teratasi situasinya. Angka kematian segera turun,” ujar Terawan di Gedung Negara Grahadi, Selasa (2/6/2020).

Pemerintah pusat, kata dia, siap mendukung Jatim. Salah satunya dengan memberikan bantuan berupa mesin Polymerase Chain Reaction (PCR).

Alat pendeteksi virus SARS CoV-2 itu, kata Terawan, sangat penting untuk mengecek, mengontrol, dan menemukan pasien-pasien baru terkonfirmasi positif.

“PCR sudah kami datangkan, sehingga (Jatim) semakin aktif mengecek, mengontrol, menemukan kasus sedini mungkin. Sehingga penyebarannya bisa dilokalisir,” ujarnya.

Letnan Jenderal TNI Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pusat mengatakan, ada sejumlah bantuan yang disalurkan per hari ini untuk Jatim.

Ada 30 ribu unit reagen PCR, 50 ribu viral transport media (VTM), dan 31 ribu reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR).

“Ada tiga unit mesin PCR yang sudah digelar di beberapa rumah sakit, lalu ada antigen, dan 25 ribu rapid test yang sudah disalurkan,” kata Doni.

Gugus Tugas Pusat juga memberikan bantuan satu alat RMI, lima ventilator, dan sepuluh unit lagi ventilator dari kementerian kesehatan.

“Rapid tes yang sudah tersalurkan melalui Badan Penelitian Kesehatan dan Pengembangan Kemenkes ada 70.500. lalu APD jumlahnya 610.114 pcs,” kata Doni.

Jatim juga mendapatkan 1.500 unit bantuan gen expert dan dua kontainer stasioner yang mungkin bisa diperbantukan untuk rumah sakit lapangan.

“Kemudian dua unit mobil PCR yang sudah dioperasikan oleh Kota Surabaya. Nanti satu lagi unit mobil menyusul,” ujarnya.

Ada juga bantuan satu unit robot ultraviolet dari kepala staf kepresidenan hasil kerja sama dengan yayasan Telkom. Alat ini penting menghindarkan tenaga lab tertular Covid-19.

“Ini seluruhnya sudah sebagian besar komponen lokal. 70 persen komponen lokal,” katanya.

Sebelumnya pada Selasa (2/6/2020) sore, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bersama Letnan Jenderal TNI Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan RI secara langsung meresmikan Rumah Sakit (RS) Lapangan Covid-19 Pemprov Jatim, yang berada di Jl. Indrapura, Surabaya, Jawa Timur. (den/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs