Jumat, 29 Maret 2024

Lembaga Eijkman Sebut Ada Kemungkinan Penyebaran Covid-19 sebagai Aerosol di RS

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Prof Amin Soebandrio Kepala Lembaga Biologi Molekuler EIjkman. Foto: Antara

Prof Amin Soebandrio Kepala Lembaga Biologi Molekuler EIjkman mengatakan kemungkinan penyebaran virus corona melalui di udara dalam bentuk aerosol lebih banyak terjadi di rumah sakit karena beberapa prosedur yang dilakukan.

“Ada beberapa prosedur di rumah sakit, misalnya pemasangan ventilator atau beberapa prosedur lain yang bisa membentuk aerosol yang partikelnya lebih kecil daripada droplet,” kata Amin dilansir Antara di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Amin mengatakan perubahan partikel menjadi aerosol yang bisa menjadi media penyebaran virus seperti corona penyebab COVID-19 melalui udara tidak bisa terjadi secara umum di sembarang tempat.

Hanya tempat-tempat tertentu yang melakukan beberapa prosedur tertentu saja yang memungkinkan perubahan partikel menjadi aerosol.

“Itu sebabnya perawat dan dokter di rumah sakit disarankan memakai masker N-95 yang bisa mencegah partikel-partikel seperti aerosol. Kalau di luar rumah sakit, cukup masker bedah saja, tidak perlu masker N-95,” tuturnya.

Amin mengatakan ukuran virus corona meskipun sangat kecil, tetapi sebenarnya cukup besar dan keluar dari tubuh manusia dalam bentuk droplet.

Partikel dalam bentuk droplet; atau percikan-percikan yang mungkin muncul saat batuk, bersin, dan berbicara; ukurannya cukup besar dan tidak bisa terbang jauh.

Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir virus corona bisa menyebar melalui udara, setidaknya bila di luar kawasan rumah sakit.

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyarankan kalau di luar rumah boleh memakai masker kain yang tiga lapis karena partikel pembawa virus corona sebenarnya cukup besar,” katanya.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs