Jumat, 18 September 2020

Libur Iduladha Tahun Ini, Pengunjung KBS Landai

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Petugas mengenakan masker dan face shield akan memantau pengunjung KBS agar tetap patuh protokol kesehatan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, libur Iduladha tahun ini, Jumat (31/7/2020) pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih belum seramai dan sepadat tahun-tahun lalu. Pengunjung masih landai.

Wini Hustiani Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS menyampaikan bahwa berdasarkan penjualan tiket secara online untuk kunjungan ke KBS pada Jumat (31/7/2020) di gelombang pertama atau jadwal kunjungan pertama jumlahnya masih di bawah 200 pengunjung.

“Catatan kami berdasarkan pemesanan tiket secara online yang ada, memang masih belum tinggi. Bertepatan dengan libur Iduladha biasanya memang sangat ramai. Bahkan lebih dari 20 ribu pengunjung menyesaki KBS. Tahun ini bersamaan dengan pandemi Covid-19, terjadi perubahan,” terang Wini Hustiani.

Tahun-tahun lalu, sebelum pandemi terjadi, liburan nasional termasuk libur keagamaan seperti libur Iduladha, masyarakat menjatuhkan pilihan untuk berdarmawisata bersama keluarga ke KBS.

Karena itu, seiring dengan pandemi Covid-19 yang terjadi dan munculnya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), operasionalisasi KBS sementara ditutup. Saat penutupan sementara tersebut manajemen PDTS KBS menyusun sejumlah aturan baru bagi pengunjung KBS.

Perubahan memang dilakukan secara besar-besaran untuk dapat mengunjungi KBS seiring dengan masih berlangsungnya pandemi Covid-19. Aturan dan ketentuan baru diberlakukan kepada segenap pengunjung yang akan memasuki destinasi wisata satwa terbesar di Indonesia ini.

Mulai dari pembelian tiket secara online sampai dengan larangan bagi balita dan lansia untuk masuk ke dalam KBS juga menjadi aturan baru yang wajib dipatuhi oleh setiap calon pengunjung KBS.

“Protokol kesehatan memang menjadi prioritas agar dijalani oleh setiap calon pengunjung KBS. Mereka yang tidak sesuai dengan aturan itu dilarang memasuki KBS. Mulai dari pembelian tiket, pengukuran suhu tubuh, sampai dengan kewajiban menjaga jarak jadi aturan baru yang harus dipatuhi,” tegas Wini.

Oleh karena itu, setelah dibuka kembali pada Senin (27/7/2020) lalu, KBS dengan sistem baru penerapan protokol kesehatan, dipastikan akan mengagetkan masyarakat pengunjung yang sebelumnya pernah mengunjungi KBS. “Tidak tahu kalau tiket harus beli online. Saya kira tetap sama seperti dulu,” ujar Tiyanto warga Gresik yang batal mengunjungi KBS, Jumat (31/7/2020) siang.

Pantauan di sekitar loket pintu masuk KBS, Jumat (31/7/2020) bertepatan dengan libur Iduladha 1441 H, memang tidak terlihat ramai dan padat saeperti saat libur Iduladha di tahun-tahun sebelumnya. Demikian juga di loket pembelian tiket, juga terlihat lengang karena untuk pembelian tiket dilakukan secara online.(tok/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Radityo Jufriansah

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Jumat, 18 September 2020
29o
Kurs