Sabtu, 28 November 2020

Libur Panjang, Khofifah Tinjau Geliat Wisata dan Penerapan Protokol Kesehatan di Kota Batu

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengunjungi sejumlah tempat wisata di Batu untuk meninjau situasi di tengah libur panjang dan cuti bersama pada Sabtu (31/10/2020). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengunjungi sejumlah tempat wisata Selecta dan Jatim Park Grup (JTP) di Batu untuk meninjau situasi di tengah libur panjang dan cuti bersama pada Sabtu (31/10/2020).

Sebagaimana diketahui, libur dan cuti bersama ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Jawa Timur untuk rekreasi di sejumlah tempat wisata. Cukup banyak masyarakat yang memilih Kota Batu sebagai tujuan rekreasi.

Saat berkunjung ke Jatim Park 3 yang menawarkan wisata sejarah dan taman dinosaurus, juga wisata kreasi digital teknologi bagi millenial, Khofifah mengapresiasi pengunjung dan pengelola.

Gubernur mendapati, pengunjung sangat mematuhi penerapan protokol kesehatan yakni Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan (3M) secara tertib dan ketat. Pengelola wisata juga menyediakan berbagai fasilitasnya.

“Saya menyaksikan bagaimana wisata bisa memberikan ruang bagi layanan yang aman dan sehat bagi pengunjungnya,” kata Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu petang.

Saat masuk area wahana, Khofifah menyaksikan bagaimana pengelola wisata mewajibkan para pengunjung untuk mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuhnya guna memastikan setiap pengunjung dalam keadaan sehat.

Seperti halnya di area sejarah yang menampilkan perjalanan pemimpin bangsa serta tokoh-tokoh dunia, Khofifah melihat penerapan prokes yang terus terjaga. Kalau ada pengunjung yang pakai masker kurang tepat diingatkan secara halus.

Di setiap titik yang dilewati, Khofifah berkesempatan menyapa para pengunjung yang tertib memakai masker dan face shield sebagai bentuk kepatuhan terhadap pencegahan penyebaran Covid-19.

Tidak jarang, Gubernur perempuan pertama di Jatim itu melempar pujian kepada manajemen tempat wisata yang sudah menerapkan prokes demi memutus penyebaran Covid-19 khususnya selama libur panjang seperti sekarang.

“Saya lihat penerapan protokol kesehatan di Jatim Park 3 ini memang sangat ketat. Saya melihat juga wisatawan yang datang juga saling menjaga kesehatan di antara wisatawan yang ada di sini,” tuturnya.

Khofifah menyempatkan diri untuk mengunjungi wahana wisata Millenial Glow Garden yang menunjukkan bagaimana kecanggihan teknologi, budaya, dan perpaduan kecerdasan buatan yang diterapkan di wahana itu.

“Menurut guide, millenial glow garden ini salah satu venue yang baru dibuka Desember tahun lalu. Maret sudah pandemi, jadi baru dibuka lagi. Di sini juga ditawarkan wisata lengkap. Ada indoor, ada outdoor, juga museum,” katanya.

Khofifah berpesan agar penerapan protokol kesehatan secara ketat ini berseiring dengan meningkatnya sektor ekonomi dan wisata, khususnya di Kota Batu. Dia menyadari, pandemi sangat berdampak bagi pariwisata.

“Sektor wisata sangat terdampak dan berefek pada roda perekonomian lainnya. Seperti jasa penginapan atau hotel, travel, pedagang souvenir, juga pedagang makanan dan minuman di sekitar area wisata,” ujarnya.(den/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Surabaya
Sabtu, 28 November 2020
27o
Kurs