Kamis, 25 April 2024

ODP dari Jember Ditemukan di Check Point Bundaran Waru

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Petugas Posko Check Point Bundaran Waru menemukan pria berinisial S pengendara dari luar kota yang ternyata berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Rabu (29/4/2020). Foto : Abidin suarasurabaya.net

Posko Check Point Bundaran Waru menemukan seorang pengendara dari luar kota yang ternyata berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Dia mengantongi surat keterangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, harus isolasi mandiri 15 hari.

Pria berinisial S ini mengaku akan pulang kampung ke Sampang, Madura karena terdampak pengurangan karyawan di tempat kerjanya di Banyuwangi.

Dari Banyuwangi, dia kemudian singgah ke Jember ke rumah temannya. Di perjalanan pintu masuk Jember dia bersama teman-temannya harus melewati pemeriksaan. Karena ada gejala flu dan sakit tenggorokan maka dia mendapat surat harus karantina 15 hari.

“Semua temen saya dapat surat ini, ada sekitar 7 orang,” ujarnya di posko PSBB Surabaya, Rabu (29/4/2020).

Mendapat surat harus karantina mandiri, dia mengaku tidak begitu faham. Sehingga, baru sehari di Jember sudah langsung meneruskan perjalanannya hari ini pulang ke Bangkalan melewati Surabaya. Namun, dalam pemeriksaan di Check Point Bundaran Waru, dia harus dihentikan dan ditahan dulu di pos.

Tim yang di lapangan juga bingung harus bertindak seperti apa. Mereka mencoba melaporkan ke Dinas Kesehatan Provinsi. Namun, belum juga datang.

“Kemarin ada satu ya kita nunggu sampai dua jam baru diambil Dinkes,” kata salah seorang petugas yang enggan disebut namanya.

Petugas di Posko hanya melakukan pencegahan seadanya. Saat mewawancarai ODP mereka menggunakan APD seadanya. Lalu, seorang ODP itu juga diminta masuk ke bilik disinfektan. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs