Senin, 30 November 2020

Pandemi, UK Petra Tetap Gelar FGA Kemenkominfo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
FGA yang disupport Kemenkominfo tetap digelar di kampus UK Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra

Fresh Graduate Academy (FGA) yang memasuki tahun ketiga sebagai Program Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) tetap berlangsung di Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.

Pelatihan yang memasuki tahun kedua ini dilaksanakan secara daring oleh program studi Informatika UK Petra.

“Pelatihan ini untuk memperlengkapi para lulusan D3/D4/S1 bidang TIK, MIPA atau Teknik yang belum bekerja sehingga memiliki kompetensi yang sesuai kebutuhan di era revolusi industri 4.0,” terang Henry Novianus Palit, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Ketua Program Studi Informatika UK Petra, Senin (19/10/2020).

FGA adalah program pemerintah berupa beasiswa pelatihan selama 210 jam pelajaran bidang Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Pelatihan ini berlangsung selama 35 hari yaitu mulai 22 September yang lalu hingga 26 Oktober 2020.

Di masa pandemi Covid-19 ini maka pertemuan dilaksanakan dengan tahapan-tahapan khusus pembelajaran mulai dari secara daring, praktek secara daring, uji kompetensi dan diberikan sertifikasi. Menghadirkan sekurangnya 3 pemateri dari program studi Informatika UK Petra Surabaya.

“Setiap hari (mulai hari Senin hingga Minggu), secara daring para peserta mengikuti live session. Kemudian mereka juga ditambah dengan kewajiban harus belajar mandiri (self-paced learning) selama 4 jam pelajaran pada tiap harinya,” tambah Henry.

Tahun ini UK Petra membuka satu kelas dengan tema CCNA Network Engineer, dengan 15 peserta. Dalam pelatihan ini mereka belajar mengenai jaringan komputer dengan menggunakan materi dari Cisco Certified Network Associate (CCNA).

Peserta yang hadir dari berbagai latar belakang pendidikan (teknik industri, informatika dan sebagainya) mulai masyarakat umum maupun dari internal kampus UK Petra sendiri. Jika peserta lulus pelatihan dengan nilai yang mencukupi maka peserta mendapat kesempatan untuk mengambil sertifikasi profesional CCNA.

Sertifikasi ini berkelas internasional dan nantinya dapat digunakan untuk bekerja bidang jaringan komputer di perusahaan mana pun di berbagai negara di dunia.(tok/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Surabaya
Senin, 30 November 2020
28o
Kurs