Selasa, 16 Agustus 2022

PDIP Jatim Kejar Target Sejuta Masker dan Seribu Wastafel

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Suasana Ruang Serbaguna PDIP Jatim yang berubah menjadi pabrik konveksi pembuatan masker. Foto: Istimewa

Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur kebut pembuatan satu juta masker dan seribu tempat cuci tangan atau wastafel portabel dalam waktu tiga bulan.

“Pembuatan masker sudah 150 ribu lebih. Tempat cuci tangan dari gentong air sudah 250. Kami kebut pengerjaan. Targetnya sejuta masker dan seribu gentong air,” kata SW Nugroho Kepala Baguna PDIP Jatim, Minggu (12/4/2020).

Menurut dia, gelombang pertama pendistribusian masker dan gentong air ke seluruh kantor DPC PDIP di 38 kabupaten/kota se-Jatim telah dilakukan.

“Ada juga masyarakat dan Ormas yang dapat. Sekarang sedang mulai pengiriman gelombang kedua. Karena, siang masker dan gentong air jadi, malam langsung kami distribusikan ke masyarakat,” ujarnya.

Nugroho menyebutkan, untuk pembuatan masker PDIP Jatim melibatkan sekitar 50-an penjahit serta melibatkan tenaga medis dalam pengawasannya, untuk menjamin kebersihan masker.

Para tenaga medis juga menerapkan protokol pencegahan virus di area kantor PDIP Jatim dengan memasang bilik semprot disinfektan sebelum memasuki pintu utama gedung.

Para aktivis partai termasuk penjahit juga melewati petugas pemeriksa suhu badan. Sementara di ruangan-ruangan yang ada, sudah tersedia hand sanitizer atau cairan pembersih tangan.

Selain itu, untuk memastikan masker-masker itu steril, masker disemprot disinfektan sebelum dikemas plastik. Setelah penjahit pulang, tempat mereka kerja juga disemprot disinfektan.

PDIP Jatim, untuk mewujudkan sejuta masker dan seribu wastafel portabel itu, memang menyulap markasnya di Jalan Kendangsari Industri, Surabaya, menjadi pabrik dadakan.

“Kami bekerja untuk anda, anda di rumah saja taati imbauan pemerintah. Memang sejuta masker dan seribu gentong air cuci tangan jauh dari cukup. Tapi itu andil kami agar semua terinspirasi bergerak,” ujarnya.

Nugroho berharap, dengan doa dan gotong royong, warga Jawa Timur dan masyarakat Indonesia pada umumnya, pasti akan memenangkan pertarungan melawan Covid-19.(den)

Berita Terkait

Aksi Senyap PDIP Jatim untuk Dampak COVID-19


Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Selasa, 16 Agustus 2022
25o
Kurs