Senin, 29 April 2024

Pemkot Surabaya Gratiskan Dua Bulan Retribusi PDAM kepada Ribuan MBR

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kantor PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Foto: Istimewa

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggratiskan sementara retribusi pemakaian air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk bulan April dan Mei 2020. Langkah ini diambil sebagai upaya meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, kurang lebih sekitar 231.211 KK Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang nantinya akan diberi fasilitas pembebasan sementara tarif retribusi air PDAM. Kebijakan ini dilakukan bertujuan untuk meringankan beban mereka.

“Sehingga diharapkan kebijakan ini mampu mengurangi beban masyarakat tidak mampu,” kata Risma dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (7/4/2020).

Risma mengungkapkan, pembebasan tarif retribusi air PDAM khusus bagi MBR ini, rencananya berlaku selama dua bulan ke depan. Yakni, bulan April dan Mei 2020. “Nanti kan pemakaian bulan April bayarnya Mei, terus pemakaian bulan Mei bayarnya di Juni,” katanya.

Sementara itu, Mujiaman Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya menyampaikan, bantuan ini untuk pemakaian bulan April dan bulan Mei.

Sebagai edukasi agar pengguna lebih hemat air, maka bantuan gratis dibatasi 10 meter kubik pertama, dan kelebihannya dibayar sendiri.

“Karena air ini bisa saja penggunaannya kurang teratur. Maka MBR kita berikan bantuan sebesar 10 meter kubik pertama. Artinya setiap keluarga kita dorong berhemat menuju 10 meter kubik,” katanya.

Menurut Mujiaman, bantuan ini sudah sangat cukup memenuhi kebutuhan dasar keluarga kalau bisa menghemat air. Selama ini pengeluaran air per keluarga di Surabaya 30 meter kubik dinilai sangat boros. Maka dari itu Mujiaman mendorong keluarga lebih berperilaku efisien.

“Selama ini faktanya perkeluarga 30 meter kubik sangat boros. Maka kami dorong berhemat, melalui edukasi bantuan ini,” katanya (bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs