Sabtu, 20 April 2024

Pemprov: Angka Kesembuhan di Jatim Menggembirakan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur. Foto : Humas Pemprov Jatim

Selama sepekan terakhir, Pemprov Jatim mencatat, jumlah pasien sembuh Covid-19 di Jawa Timur bertambah melebihi kasus positif baru Covid-19. Pada Kamis (23/7/2020), pasien sembuh mencapai 665 orang.

Total pasien Covid-19 yang sembuh di Jatim sebanyak 11.125 orang, setara 57,19 persen dari total 14.450 kasus konfirmasi Covid-19. Masih ada 6.800 orang dirawat (34,9 persen) dengan 1.525 kasus kematian (7,84 persen).

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyatakan, tingkat pasien sembuh Covid-19 pada Kamis adalah yang tertinggi selama pandemi sejak Maret lalu. Dia berharap Jatim bisa mempertahankan milestone ini.

“Alhamdulillah, jumlah kesembuhan terus bertambah. Ini kerja sama dan kerja keras semua pihak, terutama tenaga kesehatan dan RS rujukan, TNI-Polri, juga relawan dan masyarakat. Insya Allah kita segera bisa melewati ini,” katanya, Kamis malam.

Khofifah bilang, 30 kabupaten/kota di Jatim kasus kesembuhannya melebihi 50 persen dari jumlah kasus positif aktif yang dirawat. Bahkan, untuk Sidoarjo, telah bertransformasi dari zona merah menjadi zona oranye.

Kamis itu, Sidoarjo juga menyumbang jumlah kesembuhan tertinggi di Jatim. Sebanyak 178 orang.

Menurut Khofifah, beban pasien Jawa Timur cukup berat jika dibandingkan daerah lain di Indonesia. Dengan jumlah 19.450 kasus, angka kesembuhan kumulatif yang dicapai Jatim ini menurutnya berkah luar biasa.

Namun, Khofifah tetap meminta masyarakat terus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai tingkat kesembuhan ini justru membuat masyarakat abai, karena bahaya masih mengancam.

“Jangan bahagia berlebihan sehingga lupa kalau Jatim masih dalam situasi darurat dan semua berpotensi tertular dan menularkan” ujarnya.

Khofifah menambahkan, Pemprov Jatim terus menggiatkan testing dan tracing kepada orang-orang yang beresiko atau berpotensi terjangkit Covid-19.

“Jika ditemukan positif, maka mereka langsung mendapatkan treatment medis. Kami akan mencegah penularan secara progresif,” katanya.

Meski demikian, Khofifah pun mengaku optimistis Jatim bisa segera menyelesaikan persoalan Covid-19 ini dan segera melakukan pemulihan ekonomi. (den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs