Sabtu, 20 April 2024

Pemprov Jatim Luncurkan Gim Edukasi Saat Hardiknas di Tengah Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan game edukasi berjudul "Dawn of Civilization: Solve Corona" bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5/2020). Foto: Istimewa

Pemprov Jatim meluncurkan gim edukasi berjudul “Dawn of Civilization: Solve Corona” bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di tengah Covid-19, Sabtu (2/5/2020).

Gim ini diharapkan bisa membuat siswa sekolah memahami seluk beluk Covid-19 dengan cara lebih menyenangkan, sesuai tema Hardiknas kali ini yang ditetapkan Mendikbud “Belajar dari Covid-19”.

Pemprov Jatim berkolaborasi dengan relawan pelajar Indonesia di luar negeri yang tergabung dalam Nusantara Innovation Forum di Inggris dan Solve Education di Singapura untuk mewujudkan gim ini.

Berbeda dari gim kebanyakan, gim ini mengajak pemainnya untuk belajar tentang Covid-19 secara interaktif, menangkal hoaks, dan gotong royong membantu masyarakat dan tenaga medis dari rumah.

Tidak cuma itu, perolehan skor pemain akan terkonversi menjadi sembako atau alat pelindung diri (APD), yang selanjutnya disedekahkan untuk keluarga dan tenaga medis yang membutuhkan.

“Semakin besar skor yang didapat semakin banyak sumbangan yang akan didistribusi. Sumbangan ini juga hasil gotong royong berbagai organisasi masyarakat dan donatur,” kata Khofifah Gubernur Jatim, Sabtu (2/5/2020).

Khofifah bilang, gim itu dirancang untuk siswa sekolah, namun juga bisa dimainkan orang dewasa. Khofifah berharap gim ini mampu mengurangi rasa bosan siswa selama masa belajar di rumah.

Berdasarkan survei yang digelar Student Research Center PW IPNU Jatim, terdapat fakta bahwa sebanyak 88 persen siswa mengalami kebosanan selama belajar di rumah akibat Covid-19.

“Di masa PSBB ini, game ini akan membantu siswa belajar lebih menyenangkan dan terbebas dari kebosanan. Siswa bisa belajar memahami pandemi Covid-19, menangkal penyebaran hoaks, maupun belajar Bahasa Inggris sambil tetap di rumah,” ujarnya.

“Game ini juga tidak menguras kuota internet karena bisa dimainkan secara offline. Justru dengan bermain game ini, siswa juga terbantu karena berkesempatan memenangkan pulsa,” tambah dia.

Gim itu tersedia dalam versi windows maupun versi Android. Game ini bisa diunduh melalui sub menu Game Edukasi Covid-19 di website infocovid19.jatimprov.go.id atau lewat Google Playstore dengan kata kunci Dawn of Civilization. (den/ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs