Senin, 19 April 2021

PENS Borong Delapan Juara di Kontes Robot Indonesia 2020

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tim robot PENS saat berlaga di Jontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2020. Foto: Humas PENS

Tim Robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mengharumkan nama PENS di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2020 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdibud RI).

Acara yang digelar mulai Senin (16/11/2020) sampai dengan Selasa (24/11/2020) dilaksanakan di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sekaligus bertindak sebagai tuan rumah penyelenggaraan secara daring.

Dr. Zainal Arief, Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bahwa pihaknya sangat mengapresiasi capaian juara tim robot PENS pada KRI tingkat Nasional tahun 2020 kali ini.

“Saya bangga dan terharu melihat bagaimana tim, baik pembina dan mahasiswa di tengah pandemi saat ini sangat bekerja keras untuk berkontribusi bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan itu yang harus dipertahankan,” terang Zainal Arief, Selasa (24/11/2020).

Mempertahankan prestasi yang sudah diperoleh, baik berdasarkan kategori dan juara. Tentunya terus melakukan evaluasi dengan harapan dapat dicontoh pada generasi selanjutnya. Sehingga, tradisi juara dapat mampu dipertahankan.

KRI Tingkat Nasional tahun 2020 mempertandingkan sekurangnya 6 divisi lomba, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI); Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yang baru diselenggarakan mulai tahun 2019 lalu.

KRI tahun ini, pada masa pandemi tetap akan diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Tingkat Wilayah yang diselenggarakan di 2 (dua) wilayah. Wilayah I mencakup Indonesia bagian barat dan Wilayah II mencakup Indonesia bagian timur.

Sebelumnya pada tahap awal seluruh calon peserta harus melalui dua kali seleksi, yaitu seleksi proposal dan seleksi kemajuan robot. Peserta yang lolos seleksi diundang untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah. Tim peserta dengan prestasi terbaik pada tingkat wilayah, diundang untuk mengikuti KRI Tingkat Nasional.

PENS termasuk dalam KRI Tingkat Wilayah II, meraih beragam juara yang akhirnya dapat melanjutkan pada perlombaan tingkat Nasional. Tim robot PENS yang diturunkan adalah: EEPIS Robot Soccer (EROS) dari divisi Kontes Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI) Humanoid; EEPIS Intelligent Leg Robot (EILERO) dari divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI); EEPIS Robot Soccer Wheels (ERSOW) dari divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia KRSBI Beroda; EEPIS Robot Intelligent In Sense of Art (ERISA) dari divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); Openi PENS (OPENS) dari divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan KoPENS dari divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Sebanyak 150 Tim Mahasiswa dari 68 Perguruan Tinggi yang berbeda-beda turut serta pada perlombaan tingkat nasional tahun ini. Seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Bandung dan masih banyak lagi.

Tim Robot PENS berhasil menyabet delapan gelar juara dari enam divisi KRI, diantaranya: Juara 1 pada divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI); Desain Terbaik pada divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI); Juara 2 pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Strategi Terbaik pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Juara Harapan pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid kategori Lomba Lari; Juara 1 pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid kategori Menggiring Bola; Juara 1 pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan Desain & Artistik Terbaik pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Senin, 19 April 2021
32o
Kurs