Jumat, 29 Maret 2024

Perangi Covid-19, Astra Salurkan Perlengkapan Medis ICU & HCU di Dua RS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan Republik Indonesia, memberikan sambutan saat penyerahan bantuan dari Astra. Foto: Humas Astra

Astra turut menyalurkan bantuan berupa perlengkapan medis ICU dan HCU untuk rumah sakit Cipto Mangunkusumo, Kamis (30/4/2020) sekaligus untuk mempercepat penanganan pasien positif Covid-19.

Penyerahan perlengkapan medis secara bertahap kepada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo tersebut merupakan bagian dari bantuan tahap kedua senilai Rp30 miliar dari Astra.

Selain RSCM Jakarta, bantuan serupa juga diserahkan kepada Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya. Hingga saat ini, terkait keikutsertaan mencegah penyebaran Covid-19, Astra telah menyerahkan bantuan tahap awal, kedua, dan ketiga secara keseluruhan senilai kurnag lebih Rp106 miliar.

Penyerahan perlengkapan medis secara simbolis dari perwakilan Astra kepada Direktur Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, yang disaksikan langsung oleh Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan Republik Indonesia, perwakilan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Prijono Sugiarto Presiden Direktur Astra menyampaikan bahwa pihaknya terus mendukung upaya-upaya pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus mempercepat penanganan pasien Covid-19.

“Kami proaktif untuk mendukung upaya pemerintah, masyarakat serta tenaga medis dalam mencegah penyebaran Covid-19. Donasi bertahap tersebut dimanfaatkan meningkatkan pelayanan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta mempercepat penanganan pasien positif Covid-19. Kami semua berharap agar pandemi ini segera berakhir,” terang Prijono Sugiarto.

Perlengkapan medis yang diserahkan Astra, kali ini terdiri dari 20 tempat tidur ICU dan 75 tempat tidur HCU, 128 slices MSCT scan, 1 digital mobile x-ray, 20 ventilator, 95 monitor tempat tidur, 105 infusion dan syringe pump, EKG dan defibrillator, central monitor, oxygen mobile, dan kelengkapan pendukung lainnya.

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Airlangga Surabaya merupakan dua rumah sakit rujukan pemerintah di dua kota terbesar di Indonesia yang memiliki fasilitas gedung yang belum dimanfaatkan secara penuh.

Perlengkapan medis tersebut diharapkan dapat meningkatkan fasilitas medis dua rumah sakit tersebut dalam menangani pasien positif Covid-19. Dan dukungan Astra dalam menangani penyebaran Covid-19 ini sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa. (tok/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs