Jumat, 19 April 2024

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Puan Bacakan Ikrar

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI pada Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2020) pagi. Foto: Istimewa

Puan menandatangani Ikrar bernapaskan persatuan bangsa dan menjadikan Pancasila sebagai sumber kekuatan yang dibacakan dalam rangkaian upacara dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut. Puan Maharani Ketua DPR RI menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2020) pagi.

Joko Widodo Presiden hadir sebagai inspektur upacara, Bambang Soesatyo Ketua MPR RI membacakan teks Pancasila, dan La Nyalla Mattalitti Ketua DPD RI membacakan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945.
Baru setelah itu, Puan membacakan dan menandatangani ikrar yang berisi:

“Ikrar”

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini, menyadari sepenuhnya”

“Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

“Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.”

“Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

“Jakarta, 1 Oktober 2020”
“Atas nama bangsa Indonesia”
“Ketua DPR RI Dr (H.C) Hj Puan Maharani”

Setelah Puan membaca dan menandatangani ikrar tersebut, Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan membacakan doa, disambung dengan laporan Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap Komandan Upacara kepada Joko Widodo Presiden bahwa upacara sudah selesai dilaksanakan.

Seusai Upacara, Presiden dan Wakil Presiden, Puan Maharani, Bambang Soesatyo, La Nyalla Mattalitti, dan Muhadjir Effendy melakukan napak tilas ke Lubang Buaya dan rumah penyiksaan tujuh pahlawan revolusi pada 30 September-1 Oktober 1965.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 mengangkat tema Maju Berlandaskan Pancasila. Sebagian besar peserta mengikuti jalannya upacara secara virtual, termasuk keluarga tujuh pahlawan revolusi.(faz/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs