Senin, 29 April 2024

Polda Jatim Petakan Sebaran Kelompok Anarko di Jawa Timur

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Trunoyudo Wisnu Andiko Kabid Humas Polda Jatim saat memberikan keterangan kepada awak media pada Jumat (17/1/2020). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko Kabid Humas Polda Jatim mengaku saat ini pihaknya tengah memetakan penyebaran kelompok anarko di Jawa Timur.

Hal ini merespon penangkapan sejumlah orang yang disebut sebagai kelompok anarko di Tangerang Kota oleh Polda Metro Jaya. Mereka diklaim akan melakukan aksi vandalisme bersama di kota-kota besar di Pulau Jawa pada 18 April 2020 nanti.

“Terkait pengungkapan anarko di Polda Metro, Polda Jatim akan antisipasi melalui Intelijen Keamanan dan berkoordinasi dengan Polda Metro terkait nonstruktur jaringan yang ada di DKI dengan Surabaya,” ujar Kombes Pol Trunoyudo pada Minggu (12/4/2020).

Kombes Pol Trunoyudo mengklaim, sejauh ini motif kelompok ini adalah memberikan provokasi untuk membuat kerusuhan di saat pemerintah sedang menghadapi pandemi Covid-19. Saat ini, ia mengaku pihaknya terus melakukan patroli berskala besar setiap hari.

“Surabaya dan sekitaran termasuk kabupaten dan kota telah dilakukan jauh sebelumnya, patroli berskala besar setiap hari gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah Jatim bersinergi,” jelasnya Truno.

Polda Jatim juga menggandeng seluruh instansi hingga tingkatan terbawah untuk melakukan deteksi dini adanya kelompok ini di Jatim.

“Kegiatan deteksi dini atau awal dilakukan oleh Intelkam dan preemtif oleh Binmas kepolisian sampai dengan tingkat desa bahkan RT atau RW, sinergi TNI-Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta aparatur pemerintah RT dan RW serta lurah dan desa,” pungkasnya. (bas/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs