Senin, 3 Agustus 2020

Polisi Tangkap Komplotan Jambret di Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Polisi menunjukkan barang bukti dan komplotan jambret di Mapolrestabes Surabaya pada Jumat (10/7/2020). Foto : Istimewa

Polrestabes Surabaya menangkap satu komplotan jambret yang sering beraksi di Kota Surabaya. Iptu Arief Rizky Wicaksana Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, ada lima orang dalam satu komplotan yang berhasil mereka amankan.

“Kami berhasil mengamankan salah satu komplotan jambret yang kerap kali melaksanakan aksinya di Surabaya. Yang bersangkutan ini merupakan pengembangan dari komplotan jambret yang diamankan oleh unit Jatanras,” katanya dalam rilis yang digelar di Mapolrestabes Surabaya pada Jumat (10/7/2020).

Iptu Arief menambahkan, komplotan ini sudah beberapa kali beraksi di Surabaya. Beberapa aksi yang berhasil diungkap polisi di antaranya di TKP sekitar Gelora Pancasila, Jalan Raya Kupang, Arjuno, Kya-Kya, dan Demak.

“Masing-masing dari lima orang ini tugasnya sendiri-sendiri. Ada yang jadi eksekutor, dua orang joki, dan tim kipas, untuk melancarkan aksinya,” ujar Iptu Arief.

Barang bukti yang digunakan komplotan jambret untuk melakukan aksinya. Foto : Istimewa

Salah seorang pelaku mengaku, mereka sudah melakukan aksi jambret di Surabaya sekitar satu tahun. Beberapa orang yang berhasil ditangkap juga diketahui residivis.

Iptu Arief menjelaskan, dalam melancarkan aksinya, komplotan jambret ini melakukan model profiling atau survei terhadap calon korban.

“Cari jalan-jalan yang agak besar, kedua, cari calon korban yang pakai tas cangklong. Kalau dirasa sudah tepat, diambil tasnya dirampas. Mereka (tetap) di atas motor,” jelasnya.

Dari hasil penangkapan ini, diamankan sejumlah barang bukti. Salah satunya tiga buah sepeda motor, sejumlah ponsel, uang, tas, dan kartu ATM. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Kerikil Berserakan, Lalu Lintas Macet

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Surabaya
Senin, 3 Agustus 2020
30o
Kurs