Minggu, 5 Mei 2024

Presiden Imbau Pemda Hati-Hati Melonggarkan PSBB

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengimbau seluruh pemerintah daerah khususnya yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), berhati-hati sebelum melonggarkan aturan tersebut.

Imbauan itu disampaikan Presiden, dalam rapat kabinet terbatas yang dilaksanakan pagi hari ini, Selasa (12/5/2020), melalui video konferensi, dari Istana Merdeka, Jakarta.

Menurut Jokowi, keputusan melonggarkan aturan harus berdasarkan data-data hasil pelaksanaan di lapangan, dan pertimbangan matang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak mau keputusan yang diambil pemerintah daerah tergesa-gesa, sehingga berdampak buruk pada upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Mengenai pelonggaran PSBB agar dilakukan secara hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Semuanya didasarkan pada data-data pelaksanaan lapangan sehingga keputusan itu betul-betul sebuah keputusan yang benar,” ujarnya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sampai hari ini ada 4 provinsi dan 72 kabupaten/kota yang melaksanakan PSBB.

Lebih lanjut, Presiden menyebut, 70 persen kasus posisif Covid-19 ada di Pulau Jawa. Begitu juga dengan angka kematian tertinggi akibat virus corona (82 persen) terjadi di Pulau Jawa.

Maka dari itu, Jokowi memerintahkan Gugus Tugas Covid-19 memastikan pengendalian wabah di lima provinsi yang ada Pulau Jawa betul-betul efektif, terutama dalam waktu dua pekan ke depan.

Presiden mengatakan, kesempatan untuk menekan penyebaran Covid-19 sampai lebaran Idul Fitri tahun ini harus betul-betul dimaksimalkan.

“Saya minta Gugus Tugas Covid-19 untuk memastikan pengendalian di lima provinsi Pulau Jawa betul-betul dilakukan secara efektif, terutama dalam waktu dua minggu ke depan ini. Kesempatan kita mungkin sampai lebaran harus betul-betul kita gunakan,” pungkasnya.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs