Kamis, 25 April 2024

Risma Bakal Tampil di Surabaya Merah Putih

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Pertunjukkan seni dan budaya di Gedung Balai Budaya Surabaya sebelum adanya pandemi Covid-19. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menggelar pertunjukkan perdana bertajuk ‘Parade Kesenian Budaya Surabaya’ dengan memperhatikan protokol kesehatan. Pertunjukkan yang digelar mulai tanggal 19 September 2020 tersebut, akan menampilkan beragam kesenian dan budaya yang menarik dengan dikemas melalui virtual.

Antiek Sugiharti Kepala Disbudpar Kota Surabaya mengatakan, Parade Seni Budaya Surabaya itu digelar mulai tanggal 19 September hingga akhir bulan Desember 2020. Nantinya pertunjukkan itu akan digelar mulai tiga hingga lima kali dalam satu pekan.

“Misalnya tanggal 19 September besok kita mengambil tema Surabaya Merah Putih, berkaitan dengan perobekan bendera. Akan tampil mulai KPJ (Komunitas Penyanyi Jalanan), ludruk, teater, dan musik dalam suatu kegiatan seni budaya,” kata Antiek, Jum’at (18/9/2020).

Antiek menambahkan, dalam pertunjukkan di hari perdana itu, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya juga bakal hadir dan turut serta menyemarakkan acara di pertunjukkan itu.

“Tentunya tokoh yang luar biasa ibunya arek-arek Suroboyo juga akan tampil di pertunjukkan perdana. Jadi kita tidak sampaikan lokasinya karena kita tayangnya secara virtual,” katanya.

Kesenian tradisional seperti wayang orang, karawitan hingga ketoprak juga bakal disuguhkan dalam parade tersebut. Menurut Antiek, setiap momen di pertunjukkan itu menyajikan tema yang berbeda-beda. Para seniman secara bergantian akan mengisi kegiatan itu.

“Artinya dalam tampilan virtual itu seniman kita akan tampil secara bergantian dalam momen dan tema yang berbeda-beda,” terangnya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (18/9/2020).

Untuk meramaikan pertunjukkan yang berlangsung secara virtual tersebut, Disbudpar juga menggandeng beberapa tokoh seniman dan budayawan asal Surabaya. Seperti, Cak Kartolo, Cak Lupus, dan Cak Suro.

Sementara masyarakat dapat menyaksikan pertunjukkan Parade Seni Budaya Surabaya ini mulai pukul 19.00 Wib melalui virtual di beberapa akun media sosial instagram dan kanal youtube milik Pemkot Surabaya. Di antaranya, Sparkling Surabaya, Sapa Warga Surabaya, dan Bangga Surabaya. “Kita juga berkolaborasi dengan beberapa media televisi,” ungkap Antiek.(bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs