Jumat, 20 Mei 2022

RS Unair Akan Tambah Nakes Relawan, Dampak Membludaknya Pasien Covid-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Foto: Unair

RS Unair berencana akan menambah tenaga kesehatan (nakes) relawan mengantisipasi makin banyaknya pasien Covid-19 yang masuk ke rumah sakit ini. dr Alfian Nur Rasyid SpP Jubir Tim Satgas Covid-19 RS Unair mengatakan, per Kemarin, Rabu (6/5/2020) saja, ada 40-50an pasien yang dirawat.

“Rencana akan menambah nakes relawan. Sedang disiapkan bidang SDM untuk komposisinya,” ujar dr Alfian.

Meski begitu, dr Alfian tidak bisa merinci berapa nakes relawan yang akan diperbantukan di RS Unair menghadapi Covid-19 ini. Ia hanya mengatakan, saat ini sudah ada nakes yang bersedia.

Selain itu, RS Unair juga melakukan penggeseran nakes dari ruangan non penyakit Covid-19 ke bagian khusus infeksi.

Dengan kondisi seperti ini, ia berpesan pada masyarakat agar tetap mematuhi anjuran PSBB dari pemerintah untuk meminimalkan aktivitas di luar rumah.

“Bila terpaksa keluar rumah maka wajib menggunaoan masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, menghindari menyentuh muka sebagai usaha mencegah penularan covid-19,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, perang melawan Covid-19 bukan di rumah sakit. Sebab, sebanyak apapun ruang isolasi dibangun untuk pasien Covid-19, jika usaha mencegah penularan di masyarakat tidak terjadi.

“Perang melawan Covid ada di masyarakat. Dengan tidak ada penularan di masyarakat, maka akan menurunkan jumlah kasus pasien covid baru yang perlu dirawat di rumah sakit,” pungkasnya. (bas/tin)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 20 Mei 2022
31o
Kurs