Senin, 28 September 2020

Rusmini Sobo Pasar Ingatkan Masyarakat Pakai Masker

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aksi Rusmini yang dimainkan Meimura ingatkan masyarakat pakai masker di Pasar Menur. Foto: Totok suarasurabaya.net

Rusmini turun ke pasar pada Rabu (5/8/2020) untuk mengingatkan masyarakat agar tetap pakai masker karena perjuangan melawan Covid-19 belum usai. Rusmini adalah kekasih Besut, tokoh ludruk lawas

“Masyarakat harus terus menerus diingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih berlangsung. Obat penyakit itu belum ada sampai sekarang. Karena itu, perjuangan melawan Covid-19 ini belum selesai. Masyarakat, kita semua wajib saling mengingatkan,” kata Meimura, seniman yang memerankan Rusmini.

Menjelang pukul 07.00 WIB, Meimura sedang memasang gongseng di kakinya. Ia mengenakan pakaian penari Remo perempuan sebagai sosok Rusmini, lengkap dengan selendang sampur warna merah.

Lalu sejurus kemudian Mei berdiri mematikan rokoknya dan bersiap keliling pasar Menur dalam aksinya kali ini. Menenteng mega phone, dan melengkapi diri dengan masker dan face shield, Mei pun bergerak.

“Doolloorr ojok lali tetep nggawe masker, jogo kesehatan. Soale page blik Covid-19 sampek dino iki sek onok. Page blik iki durung rampung. Mulane ayo tetep kudu nggawe masker, ” kata Rusmini yang dimainkan Mei.

Kepada pengunjung Pasar Menur, dan pembeli yang pagi itu sedang berbelanja, Mei sejenak berhenti kemudian melantunkan parikan kepada mereka yang tidak memakai masker. Atau kepada yang sudah pakai masker tapi asal-asalan saja memakainya.

Ternyata dengan cara itu, para pedagang dan pembeli kemudian langsung membenarkan posisi masker yang dipakai asal-asalan tadi. Dan mereka yang sebenarnya sudah mengantongi masker tapi tidak dipakai, langsung memasang maskernya.

Sesekali Mei membagikan masker pada mereka yang memang tidak membawa masker. “Masih ada kan warga masyarakat yang tidak pakai masker?” ujar Mei.

Sesekali terdengar tawa pedagang dan pembeli yang kedatangan Rusmini dan diingatkan agar tetap memakai masker, meskipun sedang berjualan atau melayani pembeli. “Lucu Mas. Malu lah kita gak pakai masker,” ujar Nikah satu diantara bakul kelapa.

Aksi Rusmini kali ini, lanjut Mei memang bakal dilanjutkan dengan aksi lainnya yang memang dilakukan untuk terus mengingatkan masyarakat agar patuh protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Dengan satu di antaranya adalah mengenakan masker saat berada di luar rumah.

“Kalau Rusmini sendirian saja ke pasar-pasar, masih kurang. Ini adalah tanggung jawab bersama. Pemerintah, seniman, dan masyarakat sendiri tetap harus saling mengingatkan. Pakai masker dan jalankan protokol kesehatan! Terbukti kan masih banyak orang tidak pakai masker!” pungkas Rusmini yang dimainkan Meimura aktor sekaligus sutradara ludruk. (tok/iss/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

M. Aprileo Habie

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Senin, 28 September 2020
26o
Kurs