Sabtu, 27 April 2024

Sejumlah Sekolah di Jatim Tidak Terjangkau Internet di Masa Pandemi Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Wahid Wahyudi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Wahid Wahyudi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengakui, ada sejumlah siswa sekolah (SMA/SMK/PK-PLK) di Jawa Timur yang tidak bisa mendapatkan akses internet di masa pandemi Covid-19.

Padahal, saat ini Pemprov Jatim melalui surat edaran Gubernur Jatim masih memberlakukan kegiatan belajar di rumah secara dalam jaringan untuk semua siswa SMA/SMK/PK-PLK, juga terhadap Madrasah Aliyah (MA) se-Jatim.

“Sekolah di Jatim yang tidak bisa dijangkau internet, di antaranya yang ada di daerah pegunungan di Pacitan. Di sana ada tiga sekolah yang kesulitan mengakses internet. Tetapi masih bisa menggunakan WhatsApp,” ujar Wahid di Grahadi.

Selain tiga sekolah di Pacitan yang dia sebutkan, ada enam sekolah lain yang ada di daerah kepulauan Sumenep yang siswanya juga kesulitan mengakses internet. Salah satunya, kata Wahid, di Pulau Sakala.

“Karena tidak bisa internet, belajar mengajar tetap dilakukan di sekolah. Siswa masuk setiap hari tetapi protokol tetap dilaksanakan. Jumlah siswanya juga sedikit sehingga bisa diatur jaraknya dan tetap pakai masker,” kata Wahid.

“Nah, ada lima lainnya (juga di daerah kepulauan Sumenep tapi tidak dia sebutkan detail) itu hanya bisa pakai SMS. Proses belajar mengajarnya pun pakai SMS,” kata Wahid.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs