Sabtu, 27 April 2024

Siswa SMPN 4 Baca Sajak Surabaya, Beri Semangat di Masa Pandemi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara siswa SMPN 4 Surabaya yang tampil pada Youtube peringatan Hari Pahlawan 10 November di Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mendorong semangat agar pelajar tetap giat belajar di masa pandemi, Selasa (10/11/2020), siswa SMPN 4 Surabaya ikut baca Sajak Surabaya peringati Hari Pahlawan.

Lebih dari 10 siswa SMPN 4 Surabaya setelah mengikuti seleksi menjadi bagian dari kegiatan memperingati Hari Pahlawan, tampil di kanal Youtube bersama ratusan siswa sekolah lainnya di Kota Surabaya.

Hal ini, adalah bagian dari semangat agar siswa tetap giat belajar di masa pandemi ini. Dengan mencontoh keberanian dan kegagahan para pejuang mengusir penjajah, diharapkan para siswa juga memiliki keberanian untuk giat belajar meskipun saat ini masih terjadi pandemi Covid-19.

Mohammad Kelik Syahrini Zaelani Kepala SMPN 4 Surabaya menyampaikan bahwa nilai luhur para pejuang bangsa dimasa lalu harus terus di contoh para siswa di masa sekarang ini.

“Kalau dulu pejuang kita berani melawan penjajah, maka generasi muda, milenial, yaitu para siswa harus tetap berani dengan belajar lebih giat lagi di tengah pandemi Covid-19. Perjuangan dengan musuh yang berbeda, ” terang Kelik, sapaan Mohammad Kelik Syahrini Zaelani.

Para siswa, lanjut Kelik, perlu memiliki keberanian dan nilai-nilai perjuangan seperti yang dimiliki para pejuang terdahulu. Dan dengan membacakan Sajak Surabaya yang ditulis KH Mustopa Bisri, diharapkan siswa mengerti bagaimana perjuangan tersebut.

“Sajak Surabaya memang luar biasa. Dan generasi muda yang ingin mengerti bagaimana sejatinya perjuangan di masa lalu, bacalah Sajak Surabaya karya Gus Mus itu. Semoga siswa-siswa mampu melanjutkan perjuangan para pejuang kita dulu dengan tantangan yang berbeda,” sambung Kelik.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November kali ini, digelar kegiatan baca Sajak Surabaya karya KH Mustopa Bisri yang diikuti pelajar Kota Surabaya. Kegiatan yang digagas Heri Lentho ini direspon positif sejumlah sekolah di Kota Surabaya. (tok/ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs